Mengapa merasa kesepian dan tidak berguna?

S Info Penanya: S
Dok, saya mau tanya. Saya selalu merasa sendirian, saya merasa saya seperti tidak inginkan, orang tua saya selalu menyuruh sesuatu hal yang di luar kemampuan saya meski pun saya tau itu baik untuk masa depan saya. Setiap saya sudah melakukan yg mereka inginkan rasanya seperti apa yg saya lakukan itu selalu kurang bagi mereka, saya tidak bisa menahan tangis ketika mereka membentak saya atau memarahi saya dan itu rasanya sesak sekali. Jadi mohon bantuannya dok, saya harus bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SR

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa kesepian merupakan suatu perasaan yang biasanya cenderung tidak menyenangkan dan merupakan suatu respon isolasi. Kesepian sering kali muncul bersama rasa cemas, serta gelisah. Sedangkan emosi merupakan suatu perasaan intens yang ditunjukkan terhadap keadaan atau seseorang. 

Ketika usia remaja kondisi emosi yang tidak stabil ini sering kali terjadi, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti ketidak stabilan hormon, stres, depresi, keinginan/kemauan yang tidak tercapai, atau karena lingkungan sekitar yang tidak mendukung.

Bila perasaan yang selalu Anda rasakan selalu terasa saat Anda di rumah, kemungkinan bisa dikarenakan adanya masalah dalam lingkungan keluarga Anda. Anda bisa membicarakan dengan kedua orang tua Anda, atau dengan anggota keluarga lain. Ceritakan perasaan yang Anda rasakan selama ini.  Pada dasarnya tidak ada orang tua yang ingin menjerumuskan anaknya, setiap orang tua pasti menginginkan dan akan berusaha sebaik mungkin untuk anaknya. 

Jika perasaan sedih, kesepian, selalu merasa bersalah, merasa tidak berguna, tidak bisa tidur, menarik diri dari lingkungan atau bahkan sampai menggangu aktifvitas dan lingkungan sekitar segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis jiwa terdekat. Agar dilakukan konsultasi terakit keluhan yang Anda rasakan.

Pastikan Anda tetap berusaha untuk selalu berpikiran positif, lakukan hobi agar bisa mengalihkan perasaan sedih, tetap mengonsumsi makanan bergizi siembang, cukupi kebutuhan cairan harian dan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendeteksi gejala awal bipolar menjadi salah satu langkah awal untuk mencegah bahaya bipolar.

Waspada Bahaya Bipolar yang Terlambat Ditangani

Bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana perasaan ekstrem dari rasa senang ke sedih berlebihan.Penderita sering terlambat diobati karena gangguan ini sulit dideteksi.