Bercak implantasi tidak keluar, apakah tidak hamil?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 24 Tahun
Dok kalo tidak keluar pendarahan atau bercak implantasi, apakah tidak hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RNR.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bercak implantasi adalah perdarahan ringan yang dapat terjadi pada masa awal kehamilan. Sebagian wanita kerap kali keliru dengan perdarahan menstruasi, bisanya bercak implantasi terjadi sekitar 6-12 hari setelah konsepsi atau proses pembuahan. Umumnya perdarahan ini tidak berbahaya jika hanya berbentuk bercak atau darah yang tidak banyak, sehingga tidak diperlukan penanganan khusus dari dokter. Namun, jika disertai dengan keluhan lainnya seperti kram perut, demam dan meriang, serta perdarahan yang berangsur banyak, hendaknya untuk segera diperiksakan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, perdarahan implantasi memang merupakan salah satu tanda awal kehamilan, namun terdapat tanda-tanda lainnya yang dapat mengindikasikan kehamilan, dan tidak terjadinya bercak implantasi belum dapat memastikan kondisi tidak hamil. 

Beirikut saya lampirkan artikel mengenai tanda-tanda awal kehamilan sebagai informasi tambahan. Anda juga dapat mecocokan tanda-tanda yang ada pada artikel dengan tanda yang Anda alami.

Untuk memastikannya, jika telah ada keterlambatan haid, Anda dapat melakukan test pack. Jika hasilnya negatif dan seminggu kemudian Anda masih tidak kunjung haid, Anda dapat mengulang pemeriksaan test pack, karena pemeriksaan dini dapat menghasilkan negatif palsu. Hal tersbeut terjadi berkaitan dengan keadaan hormon kehamilan yang belum meningkat secara signifikan. 

Untuk lebih memastikan Anda dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kehamilan menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh ibu yang dipengaruhi oleh pertumbuhan janin dan hormon

Penting! Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan Ibu saat Hamil Tua

Saat hamil tua, terjadi berbagai perubahan pada tubuh ibu. Untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi, ada beberapa aturan dan pantangan yang harus dituruti, misalnya mengenai posisi tidur dan berhubungan seks.