12 Dec 2020, 08:17Kandungan

Apakah tidak haid pasti hamil?

AL
Info Penanya: AL0
halo dokter, saya terakhir berhubungan dengan istri saya tgl 2 nov sehari sebelum dia haid, namun setelah berhubungan istri saya mengalami haid seperti biasanya pada tgl 3 nov, tapi sampai saat ini istri saya tidak kunjung haid juga apakah kemungkinan hamil dok? karna istri saya merasakan perutnya agak membesar, keluar cairan dari payudara dan mengalami gejala” kehamilan lainnya, apa ada kemungkinan hamil dok?
428 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan terjadi ketika ada sel telur yang dibuahi oleh sel sperma, sehingga melakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur dan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina, memperbesar peluang untuk terjadinya kehamilan. Terlambat haid dengan riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya, bisa disebabkan salah satunya oleh karena kehamilan. Namun jika setelah terakhir melakukan hubungan seksual sudah pernah haid, maka besar kemungkinan setelahnya tidak akan hamil meskipun terlambat haid.Untuk memastikan kehamilan, Anda perlu melakukan test pack. Hasil positif dari test kehamilan ini adalah yang terpenting, untuk menandakan sesorang hamil atau tidak. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan fisik ke spesialis kandungan, dan dapat melakukan pemeriksaan USG kehamilan untuk melihat usia kehamilan.Maka dari itu, jika ada riwayat melakukan hubungan seksual setelah haid terakhir (diatas tanggal 3 nov hingga saat ini), lakukanlah test kehamilan untuk memastikan. Selain karena kehamilan terlambat haid juga bisa dipengaruhi oleh:
  • Kelelahan
  • Stres, kecemasan
  • Gangguan hormon 
  • PCOS
  • pemakaian alat kontraspsi
Keluhan perut agak membesar, dan keluar cairan dari payudara tidak akan bisa terjadi di awal kehamilan. Perut baru akan membesar ketika kehamilan lebih dari 3 bulan dan keluar cairan dari puting baru terjadi beberapa saat menjelang kelahiran, yang artinya ini bukan hal yang normal terjadi. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab lain dari keluhan Anda.Salam sehat,dr. Evelin
siklus haidkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil