Tidak keluar rumah dan mandi teratur tapi kulit agak hitam, kenapa ya dok?

D Info Penanya: D, Pria, 2019 Tahun
Dok ko saya tidak keluar ruangan ko kulit saya agak hitam ya? Pdhl saya mandi teratur, dan tidak pernah keluar rumah.... Dan dari semasa smp kulit saya kalo terkena cahaya kaya kulit saya memantulkan cahaya? Dan sampai sekarang masih, Apakah kulit berminyak? ... Dan semasa smk saya ingin mencoba suplemen pemutih badan ko tidak putih putih ya, saya udh beli produk produk lain dan saya sudah tes memakai betadine kalo produk itu bener bener ori, tpi alhasinya tidak putih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Warna kulit ditentukan dari jumlah pigmen, sehingga adanya gangguan pigmentasi mempengaruhi warna kulit anda. Pigmen yang menentukan warna kulit disebut melanin. Ada sel khusus di kulit yang membuat melanin. Ketika sel ini rusak atau tidak sehat, maka akan mempengaruhi produksi melanin. Pada beberapa orang  ada yang mempengaruhi sebagian kecil kulit tubuh, ada juga yang mempengaruhi seluruh tubuh.

Jika tubuh terlalu banyak melanin maka kulit akan menjadi gelap, misalnya pada kehamilan dan paparan sinar matahari. Sebaliknya bila terlalu sedikit kulit akan menjadi terang seperti pada kasus vitiligo. Pada albino malah kulit bisa tidak memilki warna atau lebih terang dari warna kulit normal. Infeksi, luka bakar atau kulit melepuh juga dapat menyebabkan kulit lebih terang.

Pada sinar matahari ada yang disebut sinar ultraviolet, radiasi UV juga dihasilkan oleh beberapa alat elektronik dan industri. Apakah pekerjaan menggunakan alat-alat khusus karena paparannya bisa merusak kulit dan alhasil produksi melanin meningkat. 

Sayangnya tidak ada obat ajaib yang bisa membuat kulit mendadak putih. Memerlukan dedikasi dan perawatan jangka panjang. Sebaiknya konsultasi saja dengan Dokter Spesialis Kulit untuk tatalaksana lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan lewatkan manfaat cuka apel untuk wajah yang beragam

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah Ternyata Beragam, Ini Buktinya

Manfaat cuka apel untuk wajah, sudah sejak lama dipercaya dan dicoba oleh banyak orang. Bahan yang satu ini, disebut dapat membantu mengatasi jerawat, hingga kerutan di wajah.