11 Nov 2020, 13:10Kandungan

Apakah suntik KB mempengaruhi siklus haid?

II
Info Penanya: II0
Selamat siang dok. Nama saya ida. Saya mau tanya dok. Setelah saya melahirkan anak kedua,selang sebulan saya langsung suntik KB 3bulan(menyusui). Terus setelah anak saya sudah berhenti menyusu,kira" usia 1.5tahun. Saya ganti KB suntik 1bulan dok. Karna disisi laen,saya juga pengen haid. Tapi kenapa sampai suntik yg ke 4 kalinya ini, kok belom haid" juga dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih.
319 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaDewasa ini, menggunakan suntik KB sebagai alat kontrasepsi merupakan hal yang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Terdapat dua jenis suntik KB yaitu suntik KB 3 bulan (mengandung hormon progesteron) dan suntik KB 1 bulan (mengandung hromon progesteron dan esterogen). Keduanya sangat efektif mencegah kehamilan hingga mencapai 99% jika dilakukan sesuai jadwal yang telah di tentukan. 

Suntik KB 1 bulan maupun suntik KB 3 bulan memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Tidak melindungi Anda dari penularan infeksi penyakit menular seksual
  • Siklus haid tidak teratur, memanjang, atau bahkan tidak haid
  • Timbul rasa tidak nyaman pada payudara, perut ataupun sakit kepala
  • Nafsu makan meningkat 
  • Jika ingin kembali subur (hamil) memerlukan waktu lebih lama
Terkait dengan pertanyaan Anda, suntik KB merupakan alat kontrasepsi hormonal. Sehingga, siklus haid yang tidak lancar pada Anda bisa terjadi salah satunya karena efek penggunaan dari suntik KB. Selain itu, siklus haid yang tidak lancar bisa dipengaruhi oleh faktor emosi (stres, kecemasan), keleleahan, berat badan tidak ideal, PCOS, gangguan hormon, ataupun karena adanya penyakit pada organ reproduksi wanita.Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan dan konsultasi ke dokter spesialsi kandungan terdekat. Pastikan Anda memiliki berat badan ideal, atasi stres, hindari kelelahan, berolahraga ringan secara rutin dan konsumsilah makanan sehat bergizi termasuk buah dan sayuran agar siklus haid lancar. Semoga bermafaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil