Haid tidak teratur pada penggunaan KB suntik 1 bulan, apa penyebabnya ?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 31 Tahun
dok, mau tanya.. pd bulan februari saya halangan, kemudian bln maret sd april saya tidak halangan baru halangan di pertengahan mei.. nah dr bln juni sd hr ini say blm halangan.. saya pake suntik kb 1 bulan sdh 1 tahun.. itu penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NS.

Haid tidak teratur merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Umumnya keadaan tersebut berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid. Salah satu faktor yang sering kali menyebabkan haid tidak teratur adalah penggunaan KB hormonal. Adapun berbaggaia jenis KB hormonal yang meliputi, Pil KB, KB suntik, KB implan, Pil KB darurat, hingga IUD hormonal.

Diantara jenis KB hormonal tersebut, KB suntik merupakan jenis yang masi sering digunakan karena dinilau cukup praktis terkait penggunaannya yang tidak dilakukan setiap hari. Terdapat dua periode waktu pemberian, yakni 1 bulan dan 3 bulan. Tingkat keberhasilan KB suntik sama tinggi dengan jenis KB hormonal lainnya, namun juga tidak terlepas dari berbagai efek sampingnya

KB suntik sendiri berisi obat hormonal yang cara kerjanya yaitu mengubah keadaan hormon siklus menstruasi yang kompleks guna menekan peluang kehmailan, namun disisi lain dapat terjadi ketidakseimbangan kadar hormon yang akhirnya berdampak pada gangguan haid.

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe, kunyit dan bubuk kayu manis untuk membantu melancarkan haid Anda. Namun jika berkelanjutan dan Anda menginginkan untuk kembali haid, ada baiknya untuk dipertimbangkan menggunakan jenis KB lainnya seperti KB IUD non-hormonal. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi dengan dokter Kandungan secara langsung.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda dan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang bisa dikenali

Ciri-ciri Hamil Muda yang Bisa Dikenali pada 1 Minggu Pertama dan Cara Menjaga Kandungannya

Kehamilan biasanya baru terdeteksi setelah 4 minggu. Namun, Anda bisa mulai menunjukkan ciri-ciri hamil muda sejak 1 minggu pertama setelah telat haid.