Tidak haid setelah lepas KB kurang lebih 1 tahun, bagaimana solusinya ?

SA Info Penanya: SA
dok mau tanya dong kenapa ya saya tidak haid setelah lepas kb suntik bulan kurang lebih satu tahun?tapi saya perna coba pancing dgn suntik kb 1 bulan itu perna haid setelah saya tidak suntik lagi itu tidak haid.baik nya saya harus kaya mana ya dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SA.

KB suntik ialah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal. Metode penggunaannya diberikan melalui penyuntikan pada bagian tubuh tertentu wanita. Waktu penyuntikannya terbagi menjadi dua periode, yakni 1 dan 3 bulan. Kendati tingkat efektivitasnya sama tinggi dengan jenis KB lainnya namun, KB suntik pun memiliki berbagai efek samping.

Adapun efek samping KB suntik yang sering terjadi, diantaranya adalah  :

  • siklus haid menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti
  • penambahan berat badan yang dapat tidak terkendali
  • timbulnya berbagai gejala seperti nyeri payudara, nyeri kepala, perut kembung hingga gangguan suasana hati (mood)
  • memicu penurunan kepadatan tulang saat penggunannya
  • tidak memberikan efek proteksi dari penyakit menular seksual
  • setelah penggunaan KB berhenti, dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk subur kembali 

Mengenai keadaan tidak haid yang Anda alami, umumnya merupakan salah satu efek samping yang paling sering terjadi pada pengguna KB suntik. Pasalnya keadadan hormon dapat menjadi tidak seimbang sebagai efek dari penekanan peluang kehamilan. Kendati masih merupakan hal yang wajar terjadi, Anda dapat mencoba beberapa cara alami seperti konsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta bubuk kayu manis untuk membantu melancarkan haid Anda.

Namun apabila berkelanjutan, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter Kandungan  bersamaan dengan konsultasi mengenai alternatif penggunaan KB jenis lainnya seperti KB non-hormonal IUD.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.