09 Jul 2020, 14:48Kandungan

Tidak haid setelah menggunakan KB suntik pertama kali

SU
Info Penanya: SU0
Dok sy mau tanyaSy baru ikut suntik kb pertama kali kemarin sekitar 20 hr lalu dan skrang sy lambat haid udah setengh bulanSy udh tespeck tp negativeKira² kenapa y dok apa efek dr kb dan kapan kira² sy haid lagi
10419 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang L,Terlambat haid adalah keluhan yang bisa terjadi terutama setelah menggunakan kontrasepsi yang hormonal. KB suntik sendiri merupakan salah satu metode kontrasepsi yang memiliki cukup banyak efek samping, seperti diantaranya adalah:
  • Gangguan siklus menstruasi
  • Perdarahan diluar masa menstruasi
  • Peningkatan berat badan
  • Menimbulkan nyeri payudara
  • Menimbulkan penurunan kepadatan tulang
  • Masalah sakit kepala, perubahan suasana perasaan yang cepat, kembung
Untuk itu apabila terlambat haid dan sudah menggunakan KB suntik maka bisa tidak disebabkan oleh kehamilan apalagi jika hasil testpack negatif. Pada awal penggunaan, tubuh masih menyesuaikan dengan perubahan hormonal yang terjadi. Apabila sampai 90 hari tidak juga terjadi perdarahan haid, maka bisa terjadi yang disebut dengan amenorea. Kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, nantinya bisa diberikan rekomendasi untuk mengganti metode kontrasepsi yang lebih cocok bagi Anda. Apabila menunda kehamilan singkat, baiknya tidak menggunakan KB suntik tapi bisa gunakan pil KB atau kondom. Tapi jika durasi ingin menundanya lama, bisa coba gunakan KB implan ataupun metode IUD. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil