Tidak haid disertai keputihan setelah lepas kb 3 bulan, apa berbahaya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Slamat malam Dok. Saya mau bertanya . Saya berhenti kb 3 bulan pada tanggal 20 feb. Sampai saat ini tgl 3 jully masih belum haid juga , sudah lebih 4 bulan tidak haid . Dan saat ini keputihan banyak berbau tapi tidak gatal , kadang sakit kepala . Sudah cek kehamilan tapi negatif . Ini berbahaya atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NS.

KB suntik merupakan metode pencegahan kehamilan menggunankan obat hormonal yang penggunaannya dilakukan dengan penyuntikan pada bagian tubuh tertentu wanita. Waktu penyuntikannya terbagi dua, yakni 1 bulan dan 3 bulan. KB suntik memiliki tingkat keberhasilan yang sama tinggi dengan jenis KB hormonal lainnya, yakni lebih dari 99%, apabila digunakan dengan baik dan benar. Akan tetapi, sama hal nya dengan jenis KB lainnya, KB suntik pun memiliki berbagai efek samping.

Efek samping KB suntik yang umum terjadi, diantaranya adalah  :

  • haid tidak teratur atau bahkan berhenti
  • berat badan naik tidak terkendali
  • adanya gejala-gejala nyeri payudara, nyeri kepala, perut kembung hingga gangguan suasana hati
  • memicu penurunan kepadatan tulang pada penggunaannya
  • tidak ada efek perlindungan dari infeksi menular seksual
  • setelah berhenti menggunakan KB suntik, dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk subur kembali

Keluhan tidak haid pada Anda merupakan salah satu efek samping terseing dari penggunaan KB suntik. Hal tersebut disebabkan karena KB suntik yang berisi obat-obatan hormonal ini cara kerjanya dengan mengubah fungsi hormon pengatur siklus haid yang bertujuan menekan peluang kehamilan. Akan tetapi, disisi lain, terdapat efek samping yang tidak dapat dicegah berupa keadaan ketidakseimbangan hormonal yang berdampak pada gangguan haid. Keadaan ini umunya tidak berbahaya dan akan dapat membaik dengan sendirinya seiring waktu.

Mengenai keputihan yang juga Anda alami, dapat pula terjadi karena ketidakseimbangan hormon, namun apabila berbau menyengat atau amis mungkin saja telah terjadi infeksi pada alat reproduksi Anda.

Untuk memastikannya Anda dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan berwarna coklat yang tidak berbau, tidak perlu dikhawatirkan

Ini Sebabnya Keputihan Berwarna Coklat Bisa Muncul

Keputihan berwarna coklat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi normal hingga penyakit tertentu. Keputihan ini bisa muncul sebagai tanda ovulasi, keguguran, hingga perimenopause.