27 Dec 2020, 16:26Kandungan

Apakah harus mengganti alat kontrasepsi jika haid tidak teratur ?

RP
Info Penanya: RP0
Saya KB suntik 1 bulan hampir 6 tahun,haid saya teratur. Lalu saya ganti metode jadi Pil,sudah 3 bulan ini dan saya tidak haid sama sekali. Apakah saya harus kembali ke metode suntik lagi? Mohon penjelasannya Terima kasih.
315 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Pemilihan alat kontrasepsi sebaiknya sesuai dengan kondisi badan. Efek penggunaan kontrasepsi yang berbeda-beda ditiap wanita, membuat wanita harus memilih secara lebih detail lagi. Ini juga dapat mempengaruhi hubungan seksual bersama pasangan. Untuk itu, sebelum menentukan alat kontrasepsi mana yang ingin digunakan, Anda sebaiknya juga berkomunikasi terlebih dahulu bersama pasangan Anda.

Apa kandungan alat kontrasepsi dan bagaimana fungsinya ?

Kandungan alat kontrasepsi diantaranya adalah hormon yang menyerupai hormon di dalam tubuh. Hormon ini berfungsi mengatur terjadinya menstruasi. Selain itu fungsi alat kontrasepsi adalah mencegah ovarium mengeluarkan sel telur yang telah matang agar tidak dibuahi oleh sperma. Kandungan KB suntik 1 bulan adalah kombinasi hormon esterogen dan progesteron. Kombinasi hormon yang mirip hormon di tubuh ini, membuat datangnya menstruasi menjadi lebih teratur, mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS), risiko terkena kanker rahim, tumor payudara, dan kista ovarium menjadi lebih rendah. 

Apakah harus mengganti alat kontrasepsi jika haid tidak teratur ?

Kandungan alat kontrasepsi pil KB berupa kombinasi hormon esterogen dan progesteron atau yang berisi hormon progesteron saja. Jika seorang wanita mengkonsumsi pil KB kombinasi yang kandungannya sama dengan suntik KB 1 bulan, maka menstruasi akan menjadi tertaur. Namun jika Anda mengkonsumsi pil KB yang hanya mengandung hormon progestin saja, maka siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur, Anda juga dapat tidak datang bulan hingga berbulan-bulan lamanya. Untuk itu, pastikan pil KB apa yang Anda konsumsi. Anda dapat menganti pil KB Anda menjadi pil KB yang kombinasi. Namun jika Anda lebih nyaman untuk menggunakan KB suntik 1 bulan, Anda dapat kembali suntik KB 1 bulan.Jika telat haid yang Anda rasakan hingga berbulan-bulan, dapat diikuti dengan tanda kehamilan, maka sebaiknya Anda mengecek urin menggunakan test pack. Jika hasil negatif, namun Anda tetap tidak datang bulan baik karena penggunaan pil KB, maka segera ke dokter kandungan bersama pasangan agar dapat memilih alat kontraspsi yang sesuai untuk Anda serta pasangan. Anda juga sebaiknya menerapkan pola hidup sehat dan berolaraga agar hormon tubuh menjadi seimbang.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil