07 Oct 2021, 11:04Kandungan

tidak haid setelah berhenti suntik KB 3 bulan

IA
Info Penanya: IA0
Selamat siang dok, saya mau menanyakan, saya sudah berhenti menggunakan suntik kb tiga bulan, sebulan yang lalu, tapi kenapa saya belum haid, dan bagaimana cara membuat haid menjadi lancar dok? Apakah hal ini mempengaruhi kesuburan dok? Terikasih sebelumnya.
95 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, IPenggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan, dan memberi jarak pada anak berikutnya. Penggunaannya sangat penting untuk membentuk kesehatan keluarga, karena kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu.Suntik KB adalah alat kontrasepsi yang mengandung hormon. Dalam suntik KB 3 bulan terkandung hormon progestin. Hormon ini bekerja dengan mencegah pematangan sel telur, sehingga tidak terjadi ovulasi. Selain mencegah ovulasi, hormone progestin juga bekerja dengan menebalkan lender serviks, serta menipiskan dining Rahim, sehingga tidak terjadi menstruasi.Setelah penghentian penggunaan suntik KB 3 bulan, menstruasi akan normal dalam 3 bulan. Namun jangan khawatir, karena pada beberpa individu memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu 6 hingga 12 bulan. Setalah penghentian penggunaan suntik KB 3 bulan, jangan khawatir, suntik KB 3 bulan tidak akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Tingkat kesuburan akan Kembali seperti sebelum penggunaan suntik KB 3 bulan.

Cara memperlancar siklus menstruasi setelah penggunaan suntik KB 3 bulan :

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperlancar siklus menstruasi setelah penggunaan suntik KB 3 bulan, seperti;
  • Cukup tidur dan beristirahat,
  • Rutin berolahraga,
  • Makan makanan dengan tinggi gizi,
  • Menjaga berat badan ideal,
  • Kelola stress,
  • Konsumsi kunyit, kunyit mengandung senyawa fitoestrogen, hormone yang mirip dengan estrogen dalam tubuh, kunyit dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.
Bila keluhan berlanjut, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
menstruasikesehatan wanitagangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil