Tidak haid setelah berhenti kb suntik 3 bulan

SU Info Penanya: SU, Wanita
Dok mau bertanya saya sudah cukup lama menggunakan kb suntik 3 bulan, tapi 2 tahin terakhir ini saya berhenti, dan tidak menggunakan kontrasepsi apapun lagi, apakah berbahaya dok saya sudah 2 tahun tidak menstruasi semenjak berhenti kb suntik, dan apakah saya bisa hamil lagi karna saya tidak menggunakan kontrasepsi apa pun sekarang umur saya 47 tahum dok..mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y,

KB suntik adalah metode kontrasepsi yang banyak digunakan, selain karena penggunaannya yang bisa 1 bulan atau 3 bulan sekali, juga karena mudah di akses ataupun biaya yang tidak mahal. Meskipun begitu, KB suntik ternyata memiliki beberapa efek samping yang bisa timbul seperti diantaranya:

  • Masalah siklus menstruasi
  • Menimbulkan perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman di payudara, sakit kepala
  • Menurunkan kepadatan tulang
  • Perubahan berat badan

Apabila saat ini sudah berusia 47 tahun, tidak menstruasi selain dipengaruhi oleh efek samping KB suntik esebalumnya bisa juga karena sudah memasuki premenopause. Pada masa ini bisa terjadi sejumlah perubahan pada tubuh, salah satunya adalah siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur bahkan sampai tidak haid sama sekali. Selain itu gejala lain yang bisa dirasakan seperti perubahan mood yang cepat dan mendadak, penurunan gairah seksual, gangguan organ reproduksi dan lainnya.

Jadi apabila sudah sampai 2 tahun tidak haid sama sekali atau disebut amenorrhea, perlu dikonsultasikan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Anda juga bisa menyiapkan diri memasuki masa menopause dengan beberapa cara mulai dari diet perimenopause dengan mengonsumsi makanan tertentu sampai dilakukan terapi hormonal. Selain itu perlu juga menjaga gaya hidup sehat agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar serta terhindar dari gangguan kesehatan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.