Tidak haid selama KB suntik 1 bulan, apakah normal ?

HR Info Penanya: HR, Wanita
Halo dok saya mau tanya. Saat ini saya KB suntik 1bulan dan sekarang usia anak saya sudah 2tahun3bulan dok tetapi saya tak kunjung haid. Terakhir haid saya bulan oktober 2019 itupun hanya flek selama 3hari. Apakah hal tsb normal? Dan apa yg harus dilakukan dok terhadap saya? Mohon beri penjelasannya dok. Terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, HR.

KB suntik adalah salah satu jenis kontrasepsi hormonal. Prosedur penggunaannya dilakukan melalui suntikan pada bagian tubuh tertentu wanita. KB suntik memiliki dari dua macam periode waktu penyuntikan, yakni setiap 1 bulan dan 3 bulan. KB suntik masih banyak diminati karena dinilai lebih praktis dengan tingkat keberhasilan yang sama tinggi dengan jenis KB lainnya. Akan tetapi, seperti jenis kontrasepsi hormonal lainnya, KB suntik pun memiliki berbagai efek samping.

Adapun berbagai efek samping KB suntik yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • haid yang menjadi lebih banyak atau bahkan berhenti sama sekali
  • kenaikan berat badan yang tidak terkendali
  • munculnya gejala-gejala seperti nyeri kepala, nyeri payudara, perut kembung dan gangguan mood
  • memicu terjadinya penurunan kepadatan tulang pada masa penggunaan KB
  • tidak memberikan efak perlindungan terhadap penyakit menular seksual
  • umumnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali hamil, walaupun sudah berhenti dari KB suntik 

Keluhan Anda merupakan salah satu efek samping yang paling sering terjadi dari peggunaan KB suntik, maka pada umumnya masih dalam batas normal. Keadaan tersebut terjadi karena kompisi KB suntik yang merupakan obat hormonal bekerja dengan cara merupabah fungsi hormon pada siklus menstruasi yang sangat kompleks sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan kadar hormon yang kemudian berdampak pada gangguan haid.

Jika Anda menginginkan untuk tetap haid setiap bulannya, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk penggunaan KB jenis lainnya seperti KB non-hormonal. Untuk keterangan lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter secara langsung untuk membantu Anda menemukan jenis KB yang paling tepat untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea adalah penyebab wanita tidak haid

Waspadai Amenorrhea, Salah Satu Kondisi Penyebab Tidak Haid

Amenorrhea merupakan salah satu kondisi penyebab wanita tidak haid. Kondisi ini ditandai dengan tak munculnya menstruasi meski sudah memasuki usia pubertas.