Tidak haid selama 4 bulan, penyakit apakah itu?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 1 Tahun
Dok saya sudah berusia 23 tahun dengan bb 38 dan belum menikahSaya selama 4 bulan terakhir belum mendapatkan haidApakah bisa d katakan ada kelainan? Dan bagaimana efek kedepannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Normalnya, siklus menstruasi seorang wanita setiap 28 hari, tetapi ada juga yang setiap 21-35 hari. Jika mens dibawah 21 hari dan diatas 35 hari, maka dapat dikatakan itu bukan merupakan hal yang normal.

Setiap wanita pernah mengalami keterlambatan haid. Tetapi, jika tidak haid lebih dari 90 hari, maka dapat dikatakan sebagai gangguan menstruasi

Penyebab gangguan menstruasi pada wanita, yaitu:

  • Pil KB.
  • Endometriosis.
  • PCOS (sindrom polikistik).
  • Peradangan pada pangul.
  • Menopause (pada wanita usia 45-50 thn). 
  • Berat badan yang tidak ideal.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami ini, kemungkinan Anda mengalami gangguan menstruasi. Namun, untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar dapat diperiksa lebih lanjut dan diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.