Tidak haid, apakah berhubungan dengan KB dan menyusui?

PA Info Penanya: PA
dok saya waktu sehabis melahirkan selesai nifas langsung kb 3 bulan terus saya gk kb lagi di suruh suami gk usah kb kok sampe 2tahun 8bulan saya blum haid jga iya dok padahalan cuma kb satu x abis itu udh gk lagi tpi saya masih menyusui anak saya dok tolong jawab karna saya bingung dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PA.

Ada berbagai kondisi penyebab seseorang mengalami gangguan haid, yang salah satunya adalah kontrasepsi hormonal seperti pil, implan, atau suntik. Pada suntik 3 bulan, hormon sintetik progesteron yang terkandung akan mengubah produksi hormon alami tubuh, sehingga dapat menyebabkan berubahnya siklus haid, bahkan tidak haid sama sekali.

Selain itu, menyusui juga bisa menyebabkan tidak haid. Saat menyusui, tubuh memproduksi hormon prolaktin, dimana hormon tersebut akan mencegah pelepasan sel telur, yang dapat menyebabkan tidak haid.

Selain kedua kondisi di atas, tidak haid dapat disebabkan oleh:

  • Stres berkepanjangan
  • Kurang tidur, misalnya karena sering begadang saat mengurus anak
  • Kelelahan fisik
  • Gangguan hormon tiroid
  • Terjadi kehamilan kembali

Untuk memastikan, Anda dapat melakukan testpack dengan urine pagi hari. Apabila hasilnya positif, maka Anda hamil lagi. Namun apabila negatif, berarti tidak haid yang Anda alami disebabkan karena satu atau lebih kondisi di atas, ya. Anda juga dapat melakukan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Hamil ataupun tidak, jagalah keseimbangan hormon tubuh Anda dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, olahraga ringan 3-4 kali per minggu, serta cukupi kebutuhan tidur 7-8 jam sebisa mungkin. Jagalah kesehatan mental dengan cara mengendalikan tingkat stres, misalnya dengan yoga atau meditasi. Mintalah juga dukungan kepada pihak keluarga dekat, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan

Menyusui saat Hamil, Amankah Dilakukan? Ini Penjelasannya

Hamil lagi setelah melahirkan dapat terjadi pada sebagian orang. Kondisi ini membuat ibu hamil perlu menyusui bayinya yang masih kecil. Di sisi lain, keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan.