Hasil testpack negatif, tapi telat haid, kenapa?

DT Info Penanya: DT, Wanita, 1 Tahun
Saya DD mau nanya dok,,Saya biasa datang haid tanggal 5,,dan terakhir saya datang haid tanggal 5 bulan bulan 3,,,Trus saya berhubungan intim tanggal 4 bulan 4Sampai dengan sekarang tanggal 5 bulan 5 saya belum juga haid dok..udah saya coba pake tespack hasilnya NEGATIF,,Apakah saya akan hamil atau saya emang telat haid dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DT.

Testpack adalah salah satu metode untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak. Cara kerja testpack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG dalam urine. Jika ada hormon dalam jumlah yang cukup, akan timbul dua garis pada testpack yang berarti positif hamil. Jika tidak ditemukan hormon, maka yang timbul hanya satu garis atau belum hamil.

Berdasarkan cerita Anda, jika Anda haid setiap tanggal 5, kemungkinan siklus Anda adalah 30 hari. Apabila siklus haid 30 hari dan haid terakhir Anda tanggal 5 Maret, maka kemungkinan masa subur Anda akan jatuh pada tanggal 18-24 Maret dengan puncaknya tanggal 21 Maret. Oleh karena itu, hubungan seks yang Anda lakukan tanggal 4 April cukup jauh dari masa subur, tetapi memang masih ada kemungkinan kecil hamil.

Jika Anda terlambat haid, Anda dapat mencoba untuk melakukan testpack lagi seminggu ke depan apabila haid tak kunjung datang. Jika masih negatif, maka kemungkinan besar Anda belum hamil, dan terlambat haid disebabkan oleh hal lainnya seperti berat badan yang naik atau turun drastis, PCOS, stres yang berlebihan, atau pola makan yang tidak sehat. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jangan lupa untuk senantiasa lakukan pola hidup sehat agar hormon tetap seimbang dan haid datang secara teratur, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, tidak begadang, dan mengendalikan tingkat stres.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.