24 Jun 2021, 02:07Kandungan

Tidak haid, apa saja penyebabnya?

NN
Info Penanya: NN0
Dok, saya sudah hampir 2 tahun pakai kb suntik 3 bulan. Saya hanya haid 1 kali yaitu pas awal pakai kb sun5ik 3 bulan. Sekarang saya ganti kb pil sudah ada 3 bulan, sampai sekarang saya kok belum haid yaa dok??
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, NTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal wanita akan memiliki siklus haid 21 hari sampai dengan 35 hari, artinya secara nroaml wanita kaanmengalami ahid setidaknya sekali dalam sebulan. Kondisi saat wanita tidak mengalami haid selama 3 bulan berturut-turut atau selama 90 hari berturut-turut disebut dengan amenorea sekunder.

Berikut ini adalah kondisi yang bisa menyababkan tidak haid pada wanita:

  • Gangguan hormon
  • Efek dari pemakaian KB terututama KB hormonal seperti suntik KB, pil KB dan lain sebagainya
  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab tidak haid atau amenore ini bisa dikarenakan oleh kondisi yang disebutkan di atas. Untuk memastikan penyebab amenorea yang terjadi pada Anda perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan terdekat. Terkait dengan penggunaan suntik KB ataupun pil KB, keduanya merupakan jenis alat kontrasepsi hormonal sehingga bisa mempengaruhi siklus haid wanita. Usahakan Anda mengatasi stres, hindari kelelahan, jaga berat badan tetap ideal, konsumsi makanan yang bergizi, melakukan olahraga ringan dengan rutin dan melakukan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil