24 Dec 2020, 09:01Kandungan

Tidak haid setelah melahirkan apakah hal yang normal ?

W
Info Penanya: W0
Saya melahirkan bulan juni 2020, kembali haid 19 november, tapi sampai sekarang (24 des) belum haid lagi. Apakah normal?
454 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore WSetelah melahirkan organ reproduksi perlu waktu yang cukup lama untuk proses pemulihan. Setelah melahirkan bila belum haid atau haid yang tidak teratur merupakan hal yang lazim terjadi. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan hormon, menyusui ASI atau adanya kondisi medis tertentu seperti endometriosis, pcos, atau masalah tiroid.

Tidak Haid Setelah Melahirkan Karena Menyusui ASI

Pada ibu yang menyusui merupakan hal yang normal bila tidak haid terutama bila ibu memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. Hormon prolaktin yang berfungsi merangsang produksi ASI akan menekan jumlah hormon estrogen sehingga menghambat pembentukan sel telur dan tidak terjadinya haid. Jadi aktif menyusui juga bisa menjadi alat kontrasepsi secara alami.Ibu dapat haid kembali setelah frekuensi menyusui berkurang. Untuk memperlancar haid setelah melahirkan ibu dapat melakukan beberapa kegiatan berikut :
  • Olahraga rutin 3-4 x seminggu
  • Makan sehat, banyak buah dan sayur
  • Air putih cukup
  • Tidak stres
  • Istirahat cukup
  • Menjaga kebersihan organ intim
Ibu juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan mengenai hal ini. Ibu juga dapat meminta saran untuk memilih alat kontrasepsi (KB) yang sesuai untuk mencegah kehamilan yang terlalu dini pasca melahirkan.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
kehidupan pasca melahirkanhaidmenyusuiibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil