18 Dec 2020, 15:40Kandungan

Tidak haid setelah menggunakan suntik 3 bulan

G
Info Penanya: G0
dok saya dulu pas sudah 40 hari saya kb yang 3bulan .terus saya tidak di kb lagi . dan sekrang hampir 2tahun saya belum haid .
298 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, G.Suntik 3 bulan adalah salah satu metode kontrasepsi dan umum digunakan oleh kaum wanita yang ingin menunda kehamilan. Suntik 3 bulan mengandung hormon progesteron sintetik, yang mengubah hormon alami tubuh sehingga terjadi pencegahan pelepasan sel telur dan pengentalan lendir rahim sehingga sperma tidak dapat bertahan hidup.

Efek Samping Suntik 3 Bulan

Tetapi, karena hormon alami tubuh berubah, maka efek samping lain juga dapat terjadi, salah satunya adalah ketidakteraturan haid. Hal ini adalah efek samping yang umum dan wajar terjadi. Selain perubahan haid, efek samping lainnya yang mungkin dialami adalah:
  • gairah seks yang berubah
  • rasa kering pada vagina
  • rasa nyeri pada payudara atau perut
  • nyeri otot
  • jerawat atau kulit berminyak
  • berat badan meningkat
Efek samping ini dapat bertahan hingga 6-24 bulan pasca penggunaan suntik, seperti yang Anda alami saat ini. Pasalya, setelah lepas suntik, hormon tidak serta-merta kembali normal, melainkan butuh waktu perlahan-lahan agar dapat kembali seperti sebelum menggunakan kontrasepsi.Untuk membantu agar hormon dapat kembali seimbang lebih cepat, Anda dapat mencoba melakukan pola hidup sehat dalam keseharian seperti misalnya mengonsumsi banyak buah dan sayur, tidur cukup, mengelola tingkat stres, ataupun berolahraga secara rutin.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil