Sudah lepas KB suntik tapi belum haid, apa bisa hamil?

JZ Info Penanya: JZ, Wanita, 28 Tahun
Assalamualaikum dok sya mau tanya ank sya yg pr1 kn meninggal d usia 20 Bln trs sya ush Gk suntik KB yg 3bln stelah 1 thn meninggalnya ank sya blm haid smpe skrng,jika brhubungan apa bisa hamil krna sya SDH TDK haid 1 thn lebih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JZ.

Tidak haid selama satu tahun salah satunya bisa disebabkan oleh belum seimbangnya hormon tubuh karena riwayat penggunaan kontrasepsi suntik. Pada jenis suntik 3 bulan, hormon yang terkandung adalah hormon sintetik progesteron, yang dapat memberikan efek samping berubahnya hormon alami tubuh dan tidak mengalami haid.

Setelah lepas suntik, rata-rata wanita akan mengalami haid kembali dalam waktu 6-7 bulan, namun ada yang sampai 2 tahun. Rentang waktu tersebut salah satunya tergantung kepada pola hidup, yang dapat menentukan cepat atau lambatnya hormon tubuh kembali seimbang.

Beberapa pola hidup yang dapat Anda terapkan untuk menyeimbangkan hormon adalah:

  • Konsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama sayur dan buah
  • Menghindari junk food dan makanan dengan pengawet, perasa, dan pemanis buatan
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Rutin berolahraga 3-4 kali seminggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi
  • Mengelola tingkat stres dengan cara yoga ataupun meditasi secara rutin

Selain itu, lakukan hubungan seks secara rutin, ya. Disarankan untuk melakukannya 2-3 kali per minggu, dan terutama pada saat masa subur.

Tetapi, apabila Anda menginginkan pemeriksaan lebih lanjut, Anda dan pasangan dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti USG transvaginal untuk pihak wanita dan analisis sperma untuk pihak pria. Setelah didapatkan hasilnya, dokter akan memberikan evaluasi dan saran yang sesuai, apakah bisa diusahakan normal atau butuh obat-obat hormonal. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan

Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid dan Tanda-tandanya

Masa subur wanita setelah haid tidak selalu datang di waktu yang sama setiap bulan. Untuk itu, Anda dapat menghitung sendiri dengan kalender masa subur dan memerhatikan tanda-tandanya.