Tidak haid semenjak lepas KB IUD dan sempat berganti-ganti jenis KB

LR Info Penanya: LR, Wanita, 7 Tahun
Pagi dok...dok,knapa ya semenjak saya lepas KB IUD thn 2018 sampe skr saya nggak haid" sudah 1 thn lebih sblmnya juga saya sempet ganti" KB dl dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LR.

Tidak haid merupakan salah satu gejala gangguan siklus menstruasi yang kerap kali dialami oleh wanita dengan berbagai faktor penyebab. Faktor-faktor tersebut umumnya mempengaruhi keseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Berikut berbagai faktor yang dapat mengakibatkan gangguan siklus menstruasi tersebut diantaranya adalah :

  • konsumsi atau penggunaan KB
  • badan yang sangat kurus atau terlalu gemuk
  • pola makan yang tidak sehat  
  • kelelahan
  • stres
  • olah raga berlebih 
  • kondisi medis tertentu
  • penyakit tertentu yang berhubungan hormon dan alat reproduksi 

Mengenai keluhan yang Anda alami, dapat terjadi sebagai efek samping dari pelepasan KB IUD maupun riwayat penggunaan KB sebelumnya, terutama jika jenis KB yang digunakan adalah KB hormonal. Keadaan tersebut umumnya dapat terjadi dalam waktu yang lama, karena perlu waktu bagi hormon di dalam tubuh untuk kembali menyeimbangkan kadarnya masing-masing terkait dengan efek KB yang prinsip kerjanya adalah merubah keseimbangan hormon.

Semantara Anda dapat mencoba cara alami untuk mengatasinya, yakni mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit, bubuk kayu manis dan cuka apel organik, dibarengi denga olah raga khususnya yoga. 

Namun, karena sudah berjalan selama setahun tidak haid, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Kandungan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.