24 Jun 2021, 22:25Kandungan

Terlambat haid apa solusi yang bisa dilakukan?

IM
Info Penanya: IM0
Hallo assalamu'alaikum dokter.. saya berusia 23 tahun, sayamasih berstatus lajang. Akhir* ini saya tidak mengalami masa menstruasi dok, terakhir saya haod pas bulan mei tanggal 21 dokter, dan selama tidak mens ini, saya tiap malam tidak tidur tidak mengantuk sama sekali dokter.. dan berat badan saya menyusut parah sampai 7 kg menurunnya dari 52 ke 45 dok, dan saya juga sering tiba* mampet idungnya dok.. sensitif banget. Padahal saya sudah cek 2x pakai tespek dok.. bagaimana ya solusinya dokter.
71 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore IMNormalnya setiap bulan wanita akan mengalami haid dengan siklus berjarak antara 21-35 hari tergantung dari siklus yang dimiliki masing-masing wanita. Jika tidak datangnya haid setelah melewati 35 hari maka dikatakan terlambat haid.

Berbaai Penyebab Haid Terlambat

Haid terlambat bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi. Berbagai penyebabnya adalah:
  • stres berat, depresi
  • aktivitas fisik berlebihan
  • penurunan atau peningkatan berat badan drastis
  • ganguan organ reproduksi
  • infeksi menular seksual
  • gangguan hormon tiroid
  • obat-obatan tertentu
  • infeksi berat tubuh
  • kehamilan
  • penggunaan KB

Menentukan Kemungkinan Penyebab Haid Terlambat

Menurunnya berat badan anda secara drastis dan mengalami gangguan tidur dapat menjadi faktor terlambatnya haid anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh menajdai rendah sehingga rentan mengalami alergi dan infeksi.Terkait kehamilan memang haid terlambat bisa menjadi salah satu penyebabnya bila sbeelumnya anda pernanh berhubungan seksual dengan pria. Namun untuk memastikannya anda perlu mengulang kembali test pack 1 minggu setelah tes terakhir bila masih belum juga haid karena pemeriksaan yang terlalu dini dapat memberikan hasil tidak akurat.

Mengatasi Haid Terlambat

Apabila hasil test pack negatif dan anda tidak kunjung haid selama 3 bulan, maka perlu diperiksakan ke dokter kandungan untuk menangani haid anda yang tidak teratur. Sementara itu cobalah memperbaiki pola tidur yang baik dengan mengatasi stres dan mencoba tidur lebih awal dengan durasi tidur 8-9 jam, rajin berolahraga dan makan makanan gizi seimbang untuk emnjaga berat badan ideal. Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
berat badan idealsiklus haidkehamilanhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil