Terlambat menstruasi tiga hari setelah melakukan diet

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Jadi dok saya masih usia 19thn, saya sedang melakukan diet selama 1 minggu sebelum menstruasi. Lalu setelah saya cek menstruasi saya, saya telat selama 3 hari. Bagaimana ya dok? Berat badan saya padahal juga tidak obesitas saya hanya mau melakukan diet krn merasa badan saya terasa berat saja. Mohon bantuannya ((:
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Menstruasi adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Menstruasi akan terjadi secara teratur setiap 21-35 hari pada wanita sehat dengan kondisi sistem hormon seimbang. Apabila menstruasi maju atau mundur selama maksimal 3 hari dari biasanya, maka masih bisa dianggap normal.

Oleh karena itu, menstruasi yang terlambat selama 3 hari maka tergolong masih normal, ya. Artinya sistem hormon Anda masih sehat, dan sebaiknya selalu dijaga agar senantiasa seimbang dengan cara:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur-mayur
  • Minum air putih yang cukup
  • Menghindari makanan dan minuman dengan pemanis buatan, perasa, dan pengawet
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari dan tidak begadang
  • Rutin berolahraga atau bergerak aktif 30 menit per hari
  • Mengendalikan tingkat stres dengan yoga atau meditasi

Lalu terkait diet Anda, Anda dapat mengetahui apakah berat badan Anda termasuk ideal atau tidak dengan rumus indeks massa tubuh, cara menghitungnya bisa dibaca di tautan ini. Apabila memang tidak obesitas tetapi overweight, Anda tetap diizinkan melakukan program penurunan berat badan, agar dapat mencapai kesehatan yang lebih optimal.

Tetapi, pastikan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat ya. Hindari tidak makan apa-apa seharian atau hanya mengonsumsi satu makanan yang sama, karena dapat membahayakan kesehatan. 

Apabila Anda membutuhkan program penurunan berat badan pribadi yang sehat dan tidak membahayakan tubuh, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis gizi ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Turunkan berat badan dengan sarapan setiap pagi

8 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Para ahli menyarankan untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Menurut Academy of Nutrition and Dietics, jika berat badan Anda turun terlalu cepat, Anda justru kehilangan otot, tulang, dan air, ketimbang lemak.