Tidak haid 2 bulan lebih tapi test pack negatif, karena apa ?

SP Info Penanya: SP, Wanita, 18 Tahun
Hallo,,, salam buat ibu/bpak dokter sekalian??Saya mau tanya nih dok,?saya sudah 2bulan lebih belum haid/menstruasi,saya coba test pack kehamilan tetapi hasilnya NEGATIF dok???? Itu kenapa ya dok?.dan saya mengalami keputihan dan bagian perut bawah terasa nyeri dan sakit ..Saya merasa ini hanya pola hidup saya aja yg gak sehat.makanan dan minuman cepat saji stiap hari.bergadang,gk pernah olahraga,berat badan berlebih ...#MOHON DI JAWAB YA BU/PAK DOKTER??????????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SPS.

Tidak haid selama 2 bulan merupakan keadaan yang sudah dapat dikatakan tidak normal. Pasalnya siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari, dengan durasi 3-8 hari. Terdapat berbagai faktor dan kondisi medis yang dapat mendasari keadaan tidak haid. Mulai dari kehamilan hingga penyakit pada alat reproduksi. Akan tetapi ada pula keadaanyang dapat terjadi sementara seperti ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh berbegai faktor.

Berikut beberapa faktor tersebut, antara lainnya ialah :

  • berat badan tidak normal, berlebih atau kurang
  • kelelahan
  • stres, kecemasan serta gangguan emosianal lainnya
  • olah raga berlebih atau sangat kurang
  • konsumsi dan penggunaan obat tertentu
  • pola makan tidak sehat atau gangguan makan seperti bulimia dan anorexia

Mengenai keadaan yang Anda alami, seperti yang telah Anda sadari, mungkin saja terjadi karena pola hidup tidak sehat yang Anda jalani. Maka ada baiknya untuk terlebih dahulu merubah pola tersebut dan menggunakan cara yang alami seperti olah raga, konsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis serta tips lainnya seperti pada artikel berikut ini.

Namun untuk keluhan keputihan dan nyeri perut bawah yang Anda alami, jika berkelanjutan perlu diperiksakan karena dapat pula menyebabkan gangguan pada haid jika memnag disebabkan oleh infeksi atau kelaian pada alat reproduksi Anda.

Jika setelah melakukan cara alami dalam 2 bulan kedepan masih tidak kunjung haid, periksakanlah diri ke dokter Kandungan secara langsung.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada masa kehamilan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan ibu dan bayi.

Penanganan Kejang pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kejang selama kehamilan adalah kondisi akibat kenaikan tekanan darah tinggi yang menyebakan kejang. Kondisi ini berbahaya karena pasokan oksigen ke janin alami penurunan.