28 Jul 2020, 00:57Kandungan

Apakah penyebab tidak haid selama 1 tahun?

DM
Info Penanya: DM0
Dok umur saya 19 tahun blum menikah trus blum pernah melakukan hubungan intim, sya mau tanya dok knapa saya udah lebih dri satu tahun ga haid trus badan sering lemes ? Tpi saya tuh punya riwayat asma dok trus sring kambuh jdi slalu pake inhaler trus apa itu berkaitan dok dengan haid saya yg ga lncar ?
10485 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal, setiap wanita akan mengalami haid dengan siklus 21 - 35 hari. Apabila siklus haid Anda berhenti minimal selama tiga bulan (90 hari) berurut-turut atau lebih kondisi ini disebut dengan amenorea sekunder. Salah satu penyebab dari amenorea sekunder ini adalah kehamilan, namun selain karena kehamilan juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang lain.

Adapun kondisi yang dapat menyebabkan amenorea sekunder adalah:

  • Adanya efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu
  • Adanya masalah hormonal, seperti apda PCOS, gangguan pada hormon tiroid, atau karena masalah hormon yang lain
  • Adanya stres dan kelelahan fisik
  • Adanya perubahan berat badan mendadak karena penyakit tertentu atau karena sedang melakukan program diet yang ekstrim
  • Adanya masalah terkait dengan organ reproduksi yang lain
Untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari keluhan amenorea sekunder yang Anda alami saat ini, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Sampaikan juga kepada dokter apa saja riwayat penyakit pada diri Anda dan juga riwayat pengobatan yang Anda lakukan serta obat rutin yang Anda konsumsi.  Tips-tips yang bisa Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah berusaha untuk beristirahat dengan cukup, hindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga ringan supaya badan tetap sehat, dan cukupilah kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil