30 May 2021, 02:21Kandungan

Tidak haid 1 bulan apakah terjadi kehamilan?

SR
Info Penanya: SR0
Permisi dok maaf mengganggu , izin bertanya . Sayakan berbungan dengan wanita saya namun si penis tidak terlalu masuk dan tidak mengularkan sperma, hanya saja pada waktu itu si wanita berdarah tapi tidak saya lanjutkan. Nah sekarang dia ngeluh tidak haid pada tanggalnya sampai akhir bulan ini, apakah itu bisa dikatakan hamil atau bisa menyebabkan hamil dok?
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, SRTerima kasih atas pertanyaannya.Siklus haid wanita terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan durasi 2-7 hari.  Wanita disebut telat haid jika melewati 35 hari dari awal haid siklus sebelumnya.

Penyebab telat haid :

  • Stres, cemas berlebihan.
  • Obesitas atau terllau kurus.
  • Gangguan di rahim.
  • Usia puber atau menjelang menopause.
  • Sering begadang dan kelelahan.
  • Kehamilan, menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
Hubungan intim tanpa pengaman dapat berpotensi kehamilan walaupun tidak terjadi ejakulasi atau ejakulasi dilakukan di luar.  Hal ini dapat terjadi karena saat penetrasi ada kemungkinan cairan praejakulasi yang keluar tanpa pria sadari sehingga cairan yang juga mengandung sperma dalam jumlah tertentu dapat memasuki rahim dan membuahi sel telur sehingga terjadi perlekatan pada dinding rahim dan berkembang menjadi janin.Jadi terkait yang anda tanyakan, aktivitas seksual yang anda lakukan tetap berpotensi kehamilan sehingga ketika terjadi terlambat haid melebihi 10 hari dari batas siklus haid seharusnya maka anda dan juga pasangan dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk cek darah dan USG.  Sehingga dapat memastikan apakah telat haid karena faktor kehamilan, hormon yang tidak seimbang, atau ada penyakit di rahim. Hindari aktivitas seksual yang berisiko jika anda dan pasangan masih belum berstatus suami istri agar tidak timbul kehamilan tak terencana, penularan penyakit kelamin serta gangguan psikologis.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhubungan seksualkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil