Tidak flu tapi hidung gatal? Alasannya?

S Info Penanya: S, Wanita, 24 Tahun
Siang Dok, Ingin tanya, kenapa terkadang kulit hidung saya terasa gatal sekali selama 1 jam atau lebih dan setelah itu hilang sendiri, sedangkan tidak sedang flu. Apa karena kondisi kulit yang kotor? Sudah coba cuci muka untuk menghilangkan rasa gatalnya, tapi tetap tidak bisa.Ini penyebabnya apa ya? Apa termasuk alergi? Jika ya, karena apa? Karena rasa gatalnya hanya di area hidung. Bagaimana cara mengatasinya?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Daerah hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif dan mudah terpengaruh dengan perubahan lingkungan. Hidung yang sering gatal, namun tidak disertai gejala flu lainnya kemungkinan dapat saja disebabkan karena alergi terhadap lingkungan seperti udara dingin, debu, alergi terhadap makanan dan minuman, atau karena tumpukan kotoran dan komedo pada hidung.

Untuk menghindari hal ini, perhatikan penyebabnya dan lakukan langkah pencegahan untuk mengatasinya. Sebaiknya jangan mengaruk hidung bila tangan tidak bersih dan steril.

Semoga informasi dari kami dapat membantu Ibu.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.