20 Jun 2020, 11:17Penyakit Lainnya

Tidak enak badan dan panas dingin

YY
Info Penanya: YY, Wanita, 17 Tahun
Dok, saya mau tanya. Awalnya saya merasa kedinginan terutama di kaki tapi demam disertai batuk dan pusing. Setelah meminum obat saya mulai enakan tetapi mulai muncul lagi gejala seperti itu. Saya sengaja menutupi semua tubuh saya agar saya keringatan. Karena kepanasan, saya menyalakan AC dan keringat malah tidak kunjung berhenti juga merasa mual tidak nafsu makan. Saya meminum obat dan mulai enakan tetapi hanya kedinginan di kaki saja. Sampai pagi kaki saya terus dingin dan masih sama gejalanya.
13059 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, YY.Panas atau demam adalah kondisi ketika suhu tubuh melampaui normal, yaitu di atas 38 derajat celcius. Seringkali seseorang yang demam mengalami penurunan suhu setelah mengonsumsi obat. Tetapi, jika demam muncul lagi setelah efek obatnya habis, berarti ada sesuatu yang tidak normal pada tubuh. Demam bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, mulai dari yang ringan sampai yang bisa mengancam jiwa. Oleh karena itu, saat seseorang demam, perlu diperhatikan gejala lain yang timbul. Pada kondisi yang Anda alami, yaitu demam disertai mual bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, misalnya gangguan saluran pencernaan, hepatitis, appendicitis (radang usus buntu), maupun kolesistitis (radang kantung empedu).

Untuk sementara, Anda dapat memantau kondisi Anda sambil melakukan hal-hal berikut:

  • Kompres hangat kening dan ketiak
  • Hindari menutupi semua permukaan tubuh seperti yang Anda lakukan, karena membuat sirkulasi udara tubuh tidak lancar
  • Konsumsi makanan bergizi, usahakan yang lunak terlebih dahulu seperti smoothies atau bubur
  • Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  • Tidur teratur, karena saat tidur sel-sel imunitas tubuh bekerja maksimal
  • Konsumsi obat penurun demam yang dijual bebas sesuai dosis, seperti paracetamol 
Tetapi, apabila Anda mengalami demam di atas 39 derajat celcius, atau disertai dengan lemas, sering muntah, atau nyeri perut hebat, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam, ya. Periksakan juga jika demam tidak disertai gejala tersebut, tetapi naik turun lebih dari tiga hari. Karena, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium untuk menentukan penyebab demam Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
mualdemampenurun panas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil