Tidak doyan susu hamil, bolehkah minum susu UHT selama kehamilan

AT Info Penanya: AT, Wanita, 28 Tahun
selamat malam semua, mau nanya yak dok saya kan lagi hamil nih baru 24 weeks, saya gak doyan susu hamil. bolehkan saya minum susu UHT selama kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AT,

Susu untuk dikonsumsi selama kehamilan merupakan salah satu asupan tambahan agar ibu hamil mendapat nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin selama kehamilan. Jenis susu untuk hamil sendiri beragam dimana pada susu khusus untuk hamil sendiri memiliki kandungan nutrisi yang lebih kompleks dari pada susu biasa seperti tambahan asam folat, zat besi, zinc, DHA dan nutrisi lain.

Jika tidak menyukai susu khusus kehamilan dapat memilih produk atau rasa lain atau juga bisa mengonsumsi susu jenis lain seperti susu UHT tetapi perlu juga mengonsumsi asupan suplemen tambahan seperti asam folat dan zat besi. 

Beberapa pilihan susu lain yang dapat dipilih ibu hamil diantaranya adalah:

  • Susu sapi UHT
  • Susu kambing UHT
  • Susu kedelai
  • Susu almond
  • Susu gandum
  • Buttermilk

Perhatikan kandungan nutrisi yang ada di tiap kemasan susu agar mendapatkan produk yang memiliki kandungan nutrisi terbaik yang bisa diperoleh ibu selama kehamilan. Selain itu juga tetap paling utama adalah mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang sebagai asupan utama tidak bergantung pada susu saja. Lakukan juga pemeriksaan kehamilan berkala sesuai dengan usia kehamilan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau pada bidan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin agar lancar sampai persalinan nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar bayi bisa minum susu formula dengan baik, gendonglah ia mendekati tubuh Anda.

5 Tips Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Memberikan susu formula untuk bayi baru lahir, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Mulai dari takaran, kualitas susu formula, jadwal pemberian susu, hingga kebersihan botol susu yang digunakan.