Tidak haid selama 5 bulan, apa yang harus dilakukan?

NT Info Penanya: NT
Slmt mlm dok,,,Saya ria,usia 34 th.Saya ingin bertanya dok,sjak nop 2019 smpai skrg April 2020 sy blm dtg haid.Pd tgl 12 Maret 2020 sy sdh pergi periksa ke dokter (USG) tapi hasilnya negatif sy TDK hamil dan tdk punya kista atau penyakit lainnya.Tp dokter saat itu tdk ksh saya obat apapun.Smpai skrg,sy blm jg haid dok...Langkah apa yg hrs saya lakukan dok,dan apa obat yg hrs saya konsumsi agar lancar haid saya dokter???Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NT,

Tidak haid adalah kondisi yang bisa timbul apabila sudah melawati tanggal seharusnya menstruasi tetapi tidak juga kunjung timbul perdarahan menstruasi. Apabila kondisi ini berlangsung lebih dari 3 bulan maka disebut dengan amenorea.

Amenorea sendiri bisa timbul karena beragam hal seperti akibat penggunaan kontrasepsi, penggunaan obat tertentu, adanya gangguan gaya hidup seperti sering kelelahan, stres, penurunan berat badan yang drastis, olahraga berat, masalah hormonal ataupun akibat gangguan di organ reproduksi seperti adanya fibroid rahim, PCOS dan gangguan kesehatan lainnya.

Amenorea juga bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti:

  • Mengalami keputihan
  • Sakit kepala
  • Timbul bulu atau rambut halus
  • Timbul jerawat
  • Peningkatan berat badan
  • Kerontokan rambut

Untuki ut apabila masih belum juga timbul haid perlu merubah gaya hidup dan bisa mencoba beberapa bahan alami untuk melancarkan haid seperti jahe, kayu manis, nanas, kunyit ataupun cuka apel.

Jika dalam 2 siklus kedepan tetap tidak haid, maka perlu dilakukan pemberian terapi hormonal untuk bisa kembali menstruasi. Ada baiknya kembali memeriksakan diri pada dotker spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.