08 Jan 2021, 05:31Kandungan

Apakah tidak datang bulan di usia 47 tahun tanda menjelang menopause ?

RE
Info Penanya: RE0
Saya seorg ibu yg berumur 47....saya tidak datang haid start bulan november 2020 hingga sekarang januari 2021....pertanyaan saya doc....adakah saya hamil atau mamasuki gejala menopouse....sblum saya tidak didatangi haid saya ada mempunyai gejala seperti haid yg tidak lama skitar 3-4 hari sja haidnya serta haid yg tak brapa bnyak....saya juga ada mengalami rasa panas pada waktu mlm semasa tidur dan selalu sakit2 sendi tangan dan badan dan selalu terjaga dari tidur dan sakit kpala dan pening
1911 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, R.Seorang wanita akan mengalami menstruasi sejak pubertas dengan keluarnya sel telur secara rutin dari ovarium. Menstruasi akan berhenti jika sudah tidak ada lagi sel telur yang diproduksi. Proses berhentinya menstruasi ini disebut dengan masa menopause. Menopause biasanya terjadi pada wanita menjelang usia 50 tahun.

Apakah tidak datang bulan di usia 47 tahun tanda menjelang menopause ?

Seorang wanita yang mengalami menopause jika sudah tidak datang bulan selama 1 tahun dimana sebelumya menstruasi lancar dan teratur tanpa penggunaan alat kontrasepsi. Tanda menjelang menopause yang dapat dialami seorang wanita antara lain :
  • Siklus mennstruasi menjadi tidak teratur, bisa memanjang atau memendek.
  • Darah menstruasi lebih banyak atau lebih sedikit.
  • Payudara mengendur.
  • Berat badan meningkat.
  • Rambut rontok.
  • Kulit kering.
  • Kesulitan tidur.
  • Vagina kering dan gairah seksual menurun.
  • Sering merasa panas dan mudah berkeringat (hot fsales).
  • Tulang menjadi rapuh.
Selain menjelang menopause, keluhan yang Anda alami bisa disebabkan oleh gangguan hormon akibat alat kontrasepsi. Jika sebelum telat haid Anda melakukan hubungan seksual, maka gejala yang Anda alami bisa juga disebabkan oleh kehamilan. Untuk itu lakukan pemeriksaan urin dengan alat test pack, atau konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan dan mengatasi gejala menjelang menopause yang ada. Anda juga perlu menjaga kesehatan dengan tetap menerapkan pola hidup sehat, dengan berolahraga secara teratur.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menopausediet perimenopausegangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil