13 May 2021, 06:53Kandungan

Tidak datang bulan teratur setelah melahirkan

MY
Info Penanya: MY0
Dok.. saya mau tanya. Anak saya sudah satu tahun. Tapi saya tidak datang bulan. Kemarin sempat datang bulan 1x 2x disaat anak saya umur 6bulan. ini sudah 4 bulan belakangan saya tidak datang bulan. Tapi saya test pack hasilnya negatif dok. Oya dok.. saya ibu menyusui dok. Apakah perlu diperiksa lebih lanjut dok? Terimakasih.
156 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MY,Amenorea adalah kondisi yang ditandai tidak hamil lebih dari 3 bulan. Penyebab amenorea sendiri bisa beragam mulai dari kondisi hormonal, penggunaan KB sampai masalah di organ reproduksi.

Amenorea laktasi setelah melahirkan

Apabila sebelumnya melahirkan dan masih menyusui tanpa menggunakan KB dan sudah dilakukan testpack hasilnya negatif maka bukan karena kehamilan. Kondisi amenore laktasi saat menyusui sebenarnya bisa termasuk pada metode Kb alami, tapi tetap bisa ada peluang kebobolan.Sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan. Nantinya dapat dilakukan beberapa hal seperti:
  • Wawancara medis mengenai keluhan
  • Pemeriksaan fisik 
  • Pemeriksaan lab darah hormonal
  • Pemeriksaan USG
  • Penanganan terapi hormonal
Untuk itu perlu juga diperbaiki kesehariannya, upayakan bisa menyempatkan tidur dan istirahat ketika anak tidur. kelola stres, dan perbaiki asupan nutrisi, hindari diet berlebihan yang membuat berat badan turun drastis, olahraga ringat dan rutin. Nantinya perlu dipastikan juga ada kondisi medis lain tidak yang menjadi penyebab masalah haid tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasimenyusuipenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil