15 May 2020, 23:06Pernapasan

Tidak dapat mencium bau sejak dari kecil apa penyebabnya?

N
Info Penanya: N0
Dok, saya dari kecil tidak bisa mencium bau sampai dewasa. Kalaupun ada bau yg menyengat hanya terasa semriwing gitu di tenggorokan . pas kecil sering tiba2 mimisan dan dari kecil sampai sekarang selalu ingusan/mukus kuning.Kira2 saya sakit apa ya dok?Apa sinusitis.?Mohon solusi dan penjelasannyaTerimakasih
7358 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Anosmia merupakan sebutan yang menggambarkan kondisi kehilangan kemampuan penciuman seseorang. Kebanyakan kasus anosmia bersifat sementara yang seringkali disebabkan oleh flu, dan akan hilang setelah flu sembuh. Akan tetapi pada beberapa kasus, anosmia dapat terjadi dalam jangka panjang, bahkan permanen.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan anomia adalah :

  • Permasalahan pada dinding dalam hidung akibat iritasi ataupun penumpukan lendir. Contohnya seperti sinusitis, pilek, flu, dan rhinitis.
  • Penyumbatan atau hambatan pada rongga hidung. Contohnya akibat kelainan tulang hidung, tumor, dan polip hidung.
  • Kerusakan saraf penciuman yang dapat diakibatkan oleh penuaan, penyakit alzheimer, tumor otak, menghirup atau menelan zat racun, cedera kepala, radioterapi, diabetes, malnutrisi dan lain sebagainya.
Pengobatan anosmia dilakukan berdasarkan penyebabnya jika penyebabnya bisa di sembuhkan seperti infeksi hidung atau sinus, anosmia bisa di sembuhkan dengan pemberian antibiotik oleh dokter. Namun jika penyebab anosmia adalah kelainan anatomi pengobatannya bisa hingga operasi. Saran saya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dari anosmia yang Anda alami.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
sinusitispenyakit pernapasananosmia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil