10 Dec 2020, 23:05Kulit & Kelamin

Mengatasi jerawat karena salah cosmetik

WR
Info Penanya: WR0
Dok, saya menggunakan cosmetik baru tp kulitnya jadi malah berjerawat dan kering bersisik, ini gimana cara mengatasinya yah. Dan bagaimana cara memilih cosmetik yang tepat. Terima kasih.
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo W, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.
Kosmetik atau skin care bagi beberapa orang yang sensitif memang dapat menyebabkan alergi. Penyebab tersering adalah karena bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik tersebut tidak aman untuk kulit.
Gejala dari alergi kosmestik dapat beragam, mulai dari kulit menjadi kering, mengelupas, berjerawat, hingga bengkak seluruh wajah. Beberapa kosmetik juga tidak lagsung menimbulkan alergi, namun setelah beberapa bulan pemakaian batu terlihat efek sampingnya.Ciri-ciri alergi kosmetik :
  • gatal
  • ruam kemerahan
  • kulit mengelupas dan melepuh
  • wajah dan kelopak mata membengkak
  • iritasi pada mata, hidung, dan mulut
  • terdapat nanah pada benjolan/jerawat
Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti menggunakan produk yang menyebabkan reaksi alergi. Kulit akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 1-2minggu setelah berhenti pemakaian. Rajin membersihkan muka dapat sangat membantu pemulihan dari reaksi alergi karena bahan kimia. Kulit harus sangat dijaga kebersihannya agar jerawat yang muncul segera hilang.Namun jika dirasa  reaksi alergi sangat parah, obat yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan, yaitu salep hidrokortison. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
perawatan kulitjerawatalergi obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil