02 Nov 2020, 21:56Kulit & Kelamin

Gatal setelah menggunakan moisturizer, apa penyebabnya?

SB
Info Penanya: SB0
Dok saya mau nanya ketika saya pakai mosturezer pastikan kulit saya t langsung gatal gatal dok itu apakah tidak cocok atau penyebab dok?
369 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SB.Kulit yang gatal setelah menggunakan produk tertentu paling sering disebabkan oleh dermatitis kontak alergi. Produk moisturizer biasanya mengandung beberapa bahan yang dicampurkan menjadi sebuah cairan, dan reaksi alergi bisa timbul karena satu atau lebih bahan kandungan tersebut.

Ciri-ciri dermatitis kontak alergi adalah:

  • Hanya muncul di tempat yang dioleskan moisturizer
  • Bisa terasa gatal atau panas
  • Rasa perih pada kulit
  • Kulit tampak lebih kering
  • Terkadang disertai dengan ruam kemerahan, dengan atau tanpa nanah
Apabila Anda mengalami dermatitis kontak alergi, biasanya dengan menghentikan produk, keluhan ini akan berangsur-angsur pulih dengan sendirinya. Untuk itu, Anda dapat mencoba tidak menggunakan moisturizer tersebut sementara waktu. Apabila memang menghilang, maka kemungkinan memang tidak cocok.Tetapi, apabila tidak menghilang walaupun sudah tidak menggunakan produk apapun, periksakan ke dokter spesialis kulit secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Dikhawatirkan ada kondisi kulit lain, seperti eksim atopik, infeksi jamur, ataupun gangguan kulit lainnya. Apabila diketahui penyebab pastinya, penanganan yang diberikan akan tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergidermatitisdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil