Tidak bisa tidur malam dan leher belakang sering panas

AR Info Penanya: AR, Pria, 31 Tahun
Ibu saya usianya 63 tahun dia sering tidak bisa tidur malam dan leher belakangnya sering panas apa obat dan pencegahannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Kesulitan tidur termasuk dalam salah satu gangguan tidur. Kondisi ini juga meningkat kejadiannya pada mereka yang berusia lanjut. Penyebabnya sendiri beragam mulai dari permasalahan psikis, adanya penyakit yang menyertai seperti penyakit kronis, sakit kepala yang menetap, gangguan kulit, rasa nyeri pada tubuh, efek obat tertentu dan beragam penyebab lainnya.

Untuk mengatasinya sendiri perlu dicari penyebabnya dan juga dilakukan penanganan. Selain itu perlu juga dilakukan perubahan gaya hidup seperti tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur, memperbaiki pola dan jam tidur, hindari konsumsi kafein berlebih terutama di sore dan malam hari, mengelola stres, dan memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala. Gangguan tidur juga dapat diatasi melalui perawatan medis, untuk itu ada baiknya melakukan pemeriksaan pada dokter agar mencari permasalahan apa yang mendasari timbulnya keluhan gangguan tidur agar dapat diberikan penanganan baik konseling maupun pemberian obat-obatan.

Rasa panas yang timbul pada leher dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti adanya ruam pada kulit akibat infeksi bakteri seperti bisul, jerawat yang dapat menimbulkan nyeri, infeksi virus seperti herpes zoster, infeksi parasit seperti kurap, reaksi alergi, selain permasalahan pada kulit juga dapat terjadi permasalahan pada area leher seperti otot yang tegang dan kaku, pengapuran pada tulang, atau permasalahan pada sendi leher lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah yang berjerawat bisa jadi salah satu tanda kurang tidur

9 Tanda Kurang Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Waktu tidur 7-8 jam sehari terkadang sulit untuk dipenuhi. Tidak jarang, hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tanda kurang tidur menjadi tidak disadari.