Tidak bisa mencium bau, apakah terjangkit virus corona?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dokter, apa betul kalau kita sedang bapil kemudian disertai sesak dan tidak bisa mencium bau, itu termasuk gejala virus corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Virus corona adalah salah satu jenis virus baru yang ditemukan di kota Wuhan, China. Virus ini menyerang sistem pernapasan manusia dan menimbulkan penyakit yang sekarang dikenal dengan COVID-19. 

Tanda dan gejala yang muncul ketika terinfeksi virus corona yaitu:

  • Demam.
  • Batuk kering atau berdahak, sakit tenggorokan, dan flu.
  • Sesak napas.
  • Kelelahan. 

Gejala diatas muncul pada 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi virus tersebut. 

Virus corona menyerang siapa saja. Tetapi terutama menyerang orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan juga lansia. 

Gejala tidak bisa mencium bau bukan merupakan gejala corona. Kecuali jika Anda mengalami batuk, pilek, sesak napas, ada riwayat kontak dengan penderita COVID-19, dan ada riwayat bepergian dari luar negeri atau dari luar kota, maka kemungkinan besar Anda terinfeksi virus corona dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Jadi, tidak semua gejala batuk, pilek, sesak napas, dan tidak bisa mencium bau merupakan gejala COVID-19. Walapun begitu, Anda tetap harus melakukan pencegahan agar tidak terkena virus ini sehingga wabah virus corona bisa segera berakhir. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mobil dihentikan petugas dengan APD untuk mengikuti PSBB akibat corona

Mengenal Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Dampaknya

PSBB membatasi gerak masyarakat yang akhirnya memberikan dampak besar terutama pada bisnis. Maka dari itu, berbagai keputusan dibuat pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan beban pajak.