26 Mar 2021, 16:03Pernapasan

Apa penyebab tidak bisa mencium aroma apapun?

SM
Info Penanya: SM0
Halo, dok. Saya mau nanya. Sudah hampir seminggu saya tidak bisa mencium aroma apapun. Awalnya kepala pusing, badan lemes dan pegel selama 3 hari. Pas hari keempat sudah tidak pusing lagi tapi tiba2 jadi tidak bisa mencium aroma apapun padahal tidak flu atau hidung tersumbat, dan saat ini setiap kali saat tidur miring ke kiri atau kanan, hidung suka perih seperti kemasukan air. Itu kira2 kenapa ya? Terimakasih.
151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SM,Tidak bisa mencium aroma adalah keluhan yang disebut dengan anosmia. Penyebab anosmia sendiri bisa beragam, mulai dari adanya masalah di saluran pernapasan, iritasi pada hidung, flu, ataupun pada kondisi pandemi ini bisa karena infeksi virus covid-19.Apabila sudah 1 minggu mengalami anosmia, ada baiknya segera memeriksakan diri pada puskesmas terdekat agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Apabila ada indikasi maka perlu dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan apakah penyebab anosmia tersebut karena infeksi corona atau bukan.Untuk sementara hal yang bisa dilakukan adalah:
  • Menerapkan protokol kesehatan baik di dalam rumah ataupun di luar rumah, selalu gunakan masker dan menghindari banyak berinteraksi dengan orang lain
  • Minum obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat dan suplemen zinc
  • Mencuci hidung dengan air garam
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari paparan alergen seperti misalnya asap rokok, debu, udara dingin 
Apabila ternyata hasil pemeriksaan swab positif, maka perlu dilakukan isolasi mandiri sesuai protokol yang berlaku. Tetapi jika hasilnya negatif ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi virusanosmiagangguan pernapasancoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil