Tidak bisa menahan kencing, kenapa?

T Info Penanya: T
Dok,saya sudah kurang lebih 2 minggu mengalami gejala seperti : terkadang kencing baru datang sudah terasa kebelet Dan tidak bisa menahan kencing,Lalu setelah kencing merasa kencing nya tidak tuntas dan ada sedikit rasa terbakar seperti sedang menahan kencing
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, T.

Buang air kecil adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh manusia. Normalnya, seseorang akan memiliki kontrol kapan akan buang air kecil. Ketika seseorang tidak bisa menahan buang air kecil, hal ini dianggap sebagai suatu abnormalitas yang dalam bahasa medis disebut dengan inkontinensia. 

Beberapa penyebab inkontinensia adalah:

  • Kelemahan otot panggul, yang sering terjadi pada lanjut usia
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti misalnya obat antihipertensi golongan tertentu atau obat hormonal
  • Gangguan pada saraf yang mengatur proses berkemih
  • Terlalu banyak asupan kafein
  • Kondisi medis lainnya, seperti infeksi saluran kemih

Untuk mengetahui penyebab pasti dari inkontinensia yang Anda alami, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti misalnya laboratorium atau tindakan sistoskopi (untuk memeriksa kandung kemih). Terapi yang dilakukan bisa bedah ataupun non bedah.

Sementara, Anda dapat mencoba melakukan senam kegel untuk menguatkan otot panggul. Jaga berat badan agar ideal. Selain itu, kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis yang tidak disunat dapat meningkatkan risiko kanker penis

Tidak Mau Disunat? Siap-Siap Terkena Fimosis dan 3 Penyakit Penis Ini

Penis yang disunat maupun tidak, memiliki fungsi yag sama. Namun, penis yang tidak disunat akan memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya meningkatkan risiko kanker penis.