Tidak bisa berjalan pasca operasi tulang paha, tulang betis

EA Info Penanya: EA, Wanita, 24 Tahun
Assalamualaikum, Dok,sekitar 7 bulan lalu saya mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang paha kiri dan betis kiri. Saya menjalani operasi pasang pen kerena tubuh saya lemah operasi hanya dilakukan bagian paha untuk pemasangan pen dibagian betis hanya dipasang gips. Tiga bulan kemudian saya menjalani operasi lagi di betis untuk pemasangan pen selanjutnya.Sekarang sudah 3 bulan setelah operasi kedua berlangsung, saya ingin cepat bisa berjalan tanpa menggunakan tongkat, saya yakin kalau tulang saya sudah nyambung dan kuat, apalagi sudah didukung dengan hasil Rontgen. Namun saat ini malah bagian lutut saya yang terasa goyah dan tidak kuat untuk menopang berat tubuh saya. Mohon saran dari Dokter. Terima kasih, wassalam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu EA,

Tulang paha adalah tulang terbesar pada tubuh manausia, sehingga untuk pemulihan tulang ini secara sempurna dari patah tulang diperlukan waktu sekitar 12 minggu. Penyembuhan juga tergantung dari lokasi patahnya tulang, makin kearah sumbu dekat persendian, maka penyembuhan luka membutuhkan waktu lebih lama. Karena patahnya tulang yang Ibu alamai adalah pada tulang paha dan tulang betis, sebaiknya diperiksa lebih lanjut kondisi lutut, pakah ada trauma atau kelainan lain yang belum ditemukan selama ini.

Kunjungi Dokter Spesialis Ortopedi (SpOT) untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada semua tualgn yang mengalami trauma terutama tulang lutu, sehingga bila ada kelainan dapat segera ditangani. Sebaiknya ikuti petunjuk Dokter dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis, tentang tahap-tahap latihan berjalan yang harus diikuti, jangan memaksakan diri lebih jauh.

Semoga kesehatan Ibu segera pulih seperti sedia kala supaya dapat melakukan aktifitas kembali.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Patah tulang dapat terjadi pada siapa saja, ketahui dan pelajari pertolongan pertama untuk patah tulang

Lakukan 8 Pertolongan Pertama Ini pada Penderita Patah Tulang

Patah tulang mungkin bisa jadi kondisi darurat medis. Pertolongan pertama pada penderita tetap bisa diberikan guna meredakan sakit maupun menghindari komplikasi.