Telat haid tapi tidak ada tanda kehamilan

M Info Penanya: M, Wanita
Dok saya sudah telat haid 10 hari hpht saya tgl 4agustus dgn siklus 32hari, saya sudah melakukan tespek terakhir kemarin pada siang hari hasilnya negatif dok, saya juga tidak merasakan adanya tanda kehamilan, menurut dokter apakah saya akan hamil atau karna hormon saja ya? Terimakasih sebelum nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Keterlambatan haid memang seringkali diidentikkan dengan kehamilan. Padahal, ada begitu banyak penyebab lain yang juga dapat memicu kondisi tersebut. Beberapa di antaranya adalah penggunaan alat kontrasepsi, obesitas, kelelahan fisik, kondisi stres berlebihan, gangguan tiroid, maupun pola hidup yang tidak sehat.

Nah, untuk membedakan apakah terlambat haid disebabkan oleh kehamilan atau penyebab lain, Anda dapat melakukan uji kehamilan mandiri dengan testpack. Anda cukup mencelupkan alat uji ke dalam urine yang telah ditampung ke dalam wadah, lalu baca hasilnya dalam beberapa menit.

Apabila Anda telah melakukan testpack dan hasilnya negatif, maka kemungkinan besar Anda tidak hamil, melainkan mengalami salah satu kondisi yang disebabkan di atas. Apabila ragu dengan hasil tersebut dan ingin memastikan, Anda juga dapat melakukan USG rahim di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Hamil ataupun tidak, disarankan agar Anda senantiasa menjaga keseimbangan hormon dengan melakukan pola hidup sehat, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, penuhi asupan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat
  • Mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi secara rutin, agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh senantiasa tercukupi
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Rutin berolahraga atau beraktivitas fisik 30 menit per hari
  • Kelola stres, dengan cara melakukan yoga dan meditasi

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SS
14 Sep 2020, 20:13
Coba lihat disini ka https://shrinke.me/3dxORcvf siapatu bisa membantu
Dibalas oleh M
16 Sep 2020, 11:18
Dok jika telat terus seperti itu apa akan ada kemungkinan saya hamil? Tapi saya tidak melakukan hubungan badan dok. Awal tahun kemarin saya sempat usg kata dokter sel telur saya kecil kecil dok. Apa karna itu dok saya telat haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
17 Sep 2020, 09:04
Selamat pagi M,
Untuk kondisi kesuburan perlu kembali diperiksakan jika masih ada masalah siklus menstruasi ya. Kalau tidak ada riwayat berhubungan seksual tentunya tidak bisa hamil. Bisa karena faktor hormonal ataupun masalah organ reproduksi lainya seperti kista, PCOS dan lainnya. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.