Tidak ada semangat melanjutkan hidup, bagaimana mengatasinya?

SK Info Penanya: SK, Pria, 23 Tahun
Saya akhir2 ini mendapatkan masalah yang menurut saya tidak ada jalan keluarnya, masalah asmara, masalah pekerjaan, masalah internal (dengan keluarga), masalah eksternal (dengan teman2, dll). Lalu saya jadi susah tidur, jadi tidak ada nafsu makan, kepala saya sering pusing, leher belakang sering merasakan nyeri, terus lama2 saya menjadi lemas. Mohon bantuannya ya dok. Apakah ada cara bunuh diri yang cepat/singkat tanpa merasakan sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Masalah psikis memang bisa membuat hidup terasa sangat berat, dimana jika tidak bisa mengatasinya bisa berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Jika ada masalah psikis seperti:

  • Kehilangan minat pada pekerjaan harian
  • Merasa tidak bersemangat
  • Merasa mudah lelah
  • Merasa tidak berharga
  • Merasa sedih berlebihan
  • Menarik diri dari pergaulan
  • Timbul keinginan melukai diri sendiri

Kondiri ini bisa mengarah pada stres berlebih yang jika tidak ditangani bsia memicu depresi. Untuk itu perlu segera meminta bantuan baik menceritakan pada orang yang dipercaya atau pada orang terdekat, perlu segera bisa menghilangkan pikiran yang negatif. Bisa lakukan kegiatan yang disenangi, berolahraga, dan melakukan beberapa cara lain untuk meringankan keluhan psikis yang dialami.

Tidak jarang kondisi depresi juga membuat keseharian menjadi tidak baik seperti kurang tidur, makan tidak teratur, mudah emosi dan lainnya yang membuat kesehatan menurun.

Bunuh diri sendiri bukan jalan yang tepat, karena perlu diketahui pasti banyak yang bisa membantu. Salah satunya adalah dengan berkonsultasi pada profesional seperti psikolog atau dokter spesilasi jiwa atau psikiater. Nantinya akan dilakukan evaluasi dan dilakukan konseling, psikoterapi ataupun juga pengobatan jika diperlukan. Percaya juga bahwa ada kekuatan diri dan bantuan lain yang bisa membawa keluar dari kondisi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YS
08 Apr 2020, 06:21
Istighfar mas... Menulis bgini saja anda sudah berdosa.... Bukan anda yg memiliki hak untuk hidup atau mati.... Terlalu lemah jadi manusia
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, dan dark chocolate akan membantu memenuhi kebutuhan magnesium harian

Pentingnya Manfaat Magnesium, Bahkan Bisa Cegah Depresi

Magnesium merupakan salah satu mineral terbanyak keempat yang berkaitan dengan fungsi organ dan otak. Manfaat magnesium yang melimpah membuatnya menjadi salah satu enzim terpenting bagi tubuh.