29 Dec 2020, 14:18Kandungan

Mengapa kantung kehamilan belum terlihat?

HM
Info Penanya: HM0
Selamat siang, HTPH sy tgl 1 Des. Dan pagi, tgl 28 Des sy TP hasil nya garis 2 kemudian siangnya sy USG ke dr kandungan tetapi tidak ada kantong kehamilan, hny penebalan rahim saja dan di sarankan kontrol kembali bulan depan. Sesudah pulang baru sy bertanya² dlm hati, sbnr nya sy ini hamil atau tidak ya? Knp tdk ada kantong kehmilannya? Dan maksud dari hny penebalan rahim itu bgmn? Barangkali sy bisa mendpatkan penjelasannya Trm kasih utk perhatiannya ?
5055 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, HMTerima kasih atas pertanyaannya.Pemeriksaan USG selama kehamilan dilakukan 3-4 kali.  Pada awal kehamilan, trimester kedua, serta akhir kehamilan sebagai evaluasi perkembangan janin dan kandungan.  Pada pemeriksaan USG awal akan terlihat kantung kehamilan sebagai tanda pasti kehamilan. Kantung kehamilan adalah tempat berkembangnya janin di rahim.

Penyebab kantung kehamilan tidak terlihat :

  • Pemeriksaan yang terlalu dini karena salah memperkirakan usia kehamilan sehingga kantung kehamilan belum terlihat.
  • Kehamilan kosong yang artinya tidak ada janin yang berkembang. Tanda hamil akan menghilang seiring hormon kehamilan yang menurun.
  • Kehamilan ektopik atau hamil yang terjadi di luar rahim. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri perut hebat dan perdarahan.
Terkait yang anda tanyakan, jika dihitung menggunakan HPHT maka perkiraan usia kehamilan 4 minggu.  Pada usia kehamilan ini kantong kehamilan memang belum akan terdeteksi karena masih sangat awal.  Pemeriksaan USG disarankan setelah usia kehamilan lebih dari 6 minggu agar dapat memastikan adanya kantung kehamilan.  Penebalan rahim itu sendiri merupakan penanda adanya pembuhan sehingga dinding rahim siap menjadi tempat pertumbuhan janin.  Oleh karena itu, kontrol kembali ke dokter kandungan sesuai anjuran.

Beberapa tips dalam menjaga kehamilan :

  • Istirahat cukup, hindari begadang.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Hindari stress.
  • Konsumsi vitamin hamil.
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan tinggi nutrisi.
  • Rutin periksa kehamilan sesuai jadwal.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilankehamilantrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil