18 Oct 2021, 05:44Kandungan

HPL USG dan HPHT berbeda

LT
Info Penanya: LT0
Hi dok saya mau nanya,hari terakhir saya mentruasi tg13 febuari2021 dan saya tau saya hamil Minggu ke 6 dan hasil USG perkiraan akan melahirkan tg8 November,tapi saya hitung di kalkulator HPL berbeda dengan hasil USG ,jadi yang bener hari kelahiran saya yang mana ya dok?
156 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat malam, LT.Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu dari setiap pasangan. Biasanya butuh ekstra lebih untuk mempersiapkan lahirnya buah hati apalagi bila mendekati perkiraan lahirnya. Namun, tidak jarang pula timbul informasi yang didapat mengenai tanggal taksiran kelahiran sang buah hati. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?Untuk memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir) seorang anak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dan dengan USG (Ultrasonografi). Biasanya HPL yang digunakan adalah hasil dari pemeriksaan USG, dikarenakan terkadang para ibu lupa akan HPHT yang terjadi sehingga sulit untuk menentukan HPL. Tapi HPL hasil USG juga dapat meleset, berikut penyebabnya.

Penyebab hasil HPL USG meleset :

  • Adanya kelainan pada perkembangan janin
  • USG dilakukan diatas usia kandungan 18 minggu. Pada keadaan ini biasanya para dokter spesialis kandungan melakukan USG bukan untuk menentukan HPL lagi melainkan memastikan kondisi perkembangan janin normal.
Sehingga dalam kondisi yang disampaikan wajar bila ada perbedaan pada HPL hasil USG dan HPHT. Disarankan untuk menggunakan HPL dari USG, tapi agar lebih pastinya tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kelahiran sang buah hati dari jauh hari. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. ElsindaBaca juga :Bagaimana cara menentukkan HPL yang benar?Apakah yang dapat diketahui dari USG kehamilan?
kesehatan kandunganhamilusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil