Bagaimana mengatasi emosi?

MB Info Penanya: MB
Dokter ijin bertanya kenapa sy klo di luar rumah dan di kerjaan selalu bahagin dan bersyukur merasa nikmat dan tenang,tapi berbanding terbalik saat di rumah 180°berubah sy jd pemarah sy jd emosian nada bicara saya tinggi dan kasar sampai marahnya sy biasa lempar barang n memukul diri sy parahnya lagi, rasa ingin bunuh diri tinggi karena merasa kesal padahal sy punya anak😢 sy takut mengganggu tumbuh kembang anak sy mkanya sy jarang pulang karna sy tau, tidak bs menahan emosi klo di rmh Dok😭😢
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang Anda alami saat ini merupakan bagian dari gangguan pada kesehatan mental Anda. Bisa merupakan gejala dari gangguan depresi, gangguan bipolar, ataupun gangguan-gangguan mental yang lain.

Penyebab kondisi Anda ini tanpa Anda sadari, kemungkinan berasal dari keluarga Anda sendiri. Bisa karena masalah dengan suami atau masalah dengan anak. Yang dimana biasanya masalah-masalah tersebut timbul akibat tidak adanya komunikasi yang baik antara Anda dengan pasangan. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus menerus dan harus segera diatasi. Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke psikolog agar kondisi anda ini bisa teratasi dengan tepat dan cepat.

Untuk saat ini, Anda bisa melakukan hal berikut ini untuk mengatasi emosi Anda:

  • Komunikasikan apa yang menjadi masalah Anda saat ini kepada pasangan Anda. Usahakan untuk saling terbuka satu sama lain.
  • Berusaha mengalihkan emosi Anda kepada hal-hal yang positif.
  • Melihat anak Anda yang lucu dan menggemaskan dan bayangkan apa dampaknya jika Anda bersikap emosi terus menerus.
  • Berikan waktu  untuk diri Anda sendiri agar Anda memiliki waktu me time seperti pergi belanja ke mall, pergi ke salon, kumpul dengan teman-teman, dll.
  • Ceritakan masalah Anda ini kepada orang terdekat Anda (sahabat) agar Anda merasa lega dan tidak mengemban beban Anda sendirian. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendeteksi gejala awal bipolar menjadi salah satu langkah awal untuk mencegah bahaya bipolar.

Waspada Bahaya Bipolar yang Terlambat Ditangani

Bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana perasaan ekstrem dari rasa senang ke sedih berlebihan.Penderita sering terlambat diobati karena gangguan ini sulit dideteksi.