08 Jun 2021, 21:06Kandungan

Menggunakan suntik atau pil KB namun siklus haid tidak normal?

MW
Info Penanya: MW0
Assalamualaikum dok.maaf saya udh pernah pk suntik KB.trus pil .tp knp ya dok d awal " haid lncar trus lama" cumn flek udh gitu gk haid dok .knp ya dok umur aku 35 dok
37 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang MW,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB dan pil KB merupakan salah satu jenis KB yang sering di gunakan di Indonesia. Kedua jenis KB ini sama-sama mengandung KB hormonal. Sehingga penggunaan kedua jenis KB ini akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh.

Beberapa efek samping penggunaan pil KB dan suntik KB :

  • Haid yang tidak teratur bisa haid banyak atau sedikit bahkan tidak haid sama sekali
  • Berat badan naik
  • Gangguan mood
  • Mudah berjerawat
  • Gangguan libido
Terkait dengan keluhan Anda, kemungkinan disebabkan oleh efek samping KB yang Anda lakukan. Anda tidak perlu khawatir karena setiap wanita mengalaminya. Namun jika efek samping yang di alami membuat menganggu dan tidak nyaman sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter kandungan. Beberapa cara untuk meringankan keluhan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih, olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu, management stres dengan baik, istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil