02 May 2021, 00:05Kandungan

Tiba-tiba haid apa penyebabnya?

R0
Info Penanya: R00
Saya berbeda tempat tinggal/ kota dengan suami... Setelah 10 bulan baru bertemu suami dan seperti pada umumnya pasangan suami istri kami melakukan hubungan sex... 2 hari kemudian saya tiba2 haid dokter... Padahal 3 bulan saya tidak perna haid... Apakah itu haid normal dok... Usia saya 46 tahun.... Mohon infonya dokter dan terima kasih sebelumnya ???
230 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi R,Menopause adalah masa yang mana wanita sudah tidak mengalami haid lagi yang biasanya terjadi saat Anda berusia 45 tahun ke atas. Namun setiap wanita mulai mengalami menopause di usia yang berbeda-beda dan memiliki ciri yang berbeda-beda pula.

Ciri-ciri menjelang menopause:

  • Menstruasi menjadi tidak teratur, bisa awalnya tidak haid kemudian haid kembali. Terkadang haid juga bisa bertambah banyak dan bergumpal-gumpal.
  • Menurunnya gairah seksual.
  • Nyeri ketika berhubungan seksual karena vagina kering.
  • Berat badan bertambah.
  • Telapak kaki terasa panas.
Perihal keluhan Anda yang awalnya sudah tidak haid kemudian mengalami haid paska berhubungan seksual maka sepertinya bukan hal yang perlu dicemaskan. Karena bisa saja akibat gejala awal menjelang menopause, iritasi serviks akibat berhubungan seksual, efek samping KB atau penyebab lainnya.Terapkan pola hidup sehat agar gejala menjelang menopause dan paska menopause bisa berkurang. Lakukan olahraga yang rutin dan banyak makan sayur serta minum air putih yang banyak. Bila vagina Anda terasa kurang licin saat berhubungan seksual maka Anda bisa menggunakan gel pelumas yang ada dijual di apotik terdekat. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila haid yang Anda alami berlangsung lebih dari 1 minggu.Salam sehat,dr. Vina
menopausehubungan seksualgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil