23 Jan 2021, 04:32Penyakit Lainnya

Tiba tiba tidak sadarkan diri

DD
Info Penanya: DD0
Ayah saya akhir - akhir ini sering tiba tiba tidak sadarkan diri. Ayah saya ada kadar gula tinggi juga. kira kira apa penyebabnya ya dok. Dan bagai mana juga cara mengatasinya apa pola makan yang salah atau apa ya dok? Trimaksih
442 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, DDTerima kasih atas pertanyaannya.Tidak sadarkan diri atau pingsan terjadi ketika otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran dalam beberapa waktu lamanya.   Bila orangtua anda memiliki riwayat diabetes atau gula darah tinggi, pingsan dapat disebabkan suatu keadaan darurat pada penderita diabetes.

Penyebab pingsan pada penderita diabetes :

  • Penurunan gula darah yang terlalu drastis karena penggunaan insulin yang melebihi dosis, tidak makan setelah konsumsi obat gula, atau terlalu banyak aktivitas. Keluhan ini akan disertai dengan linglung, gemetar, keringat dingin, jantung berdebar, badan terasa lemas, kejang bahkan pingsan.
  • Peningkatan gula darah yang terlalu tinggi pada penderita diabetes yang tidak terkontrol. Keluhannya akan berupa sangat haus, buang air kecil sering, pandangan kabur dan lemas tiba-tiba.
  • Terlalu banyak keton di dalam darah yang terjadi karena tidak menggunakan insulin, penggunaan insulin yang tidak teratur, tidak cukup asupan makan.
Untuk itu, jika sudah sering kehilangan kesadaran, sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi gula darah dan pengobatan orangtua anda.

Beberapa cara untuk mencegah pingsan pada diabetes :

  • Ikuti anjuran dokter terkait pengobatan yang diberikan dan pantangan yang dianjurkan terutama makan setelah konsumsi obat.
  • Rutin periksa dokter ketika obat sudah habis atau sisa satu buah untuk dievaluasi efektivitas obat terhadap gula darah.
  • Atur pola makan yang seimbang dengan makan dengan porsi yang sedikit tetapi sering.
  • Batasi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula.
  • Olahraga ringan yang dilakukan teratur. Dimulai dari jalan kaki 20 menit setiap hari.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
diabeteskomplikasi diabetesgula darahhipoglikemiaketoasidosis diabetik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil