09 Jun 2020, 04:07Kandungan

Tiba tiba ngilu pada kemaluan

DR
Info Penanya: DR, Wanita0
Dok saya wktu msh smp..vagina saya pernah terbentur meja,abis itu saya haid tpi sakit gara2 terbentur itu cuman sehari doang itu juga ga lama.eh ps saya udah SMA saya pernah ngrasain tiba2 ngilu kemaluan saya.kalau banyak gerak atau jalan2 gtu klw saya ngelangkah ngilu bngt kerasa ketarik gtu..itu kenapa ya dok??Klw msalnya gara2 benturan meja itu..Ko saya baru ngerasain skarang2Kn itu udah lama.
55914 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, DR.Ngilu (nyeri) pada kemaluan wanita khususnya vagina yang terjadi secara tiba-tiba merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor yang berhubugan dengan cedera atau trauma, infeksi, hingga masalah psikologis. Secara medis, nyeri vagina dikenal dengan istilah vulvodynia.

Adapun beberapa faktor dan kondisi medis yang dapat menimbukan gejala ngilu atau nyeri pada vagina, diantaranya adalah :

  • gangguan pada otot vagina, akibat cedera atau trauma
  • gangguan atau cedera saraf
  • alergi dan iritasi terhadap zat atau bahan kimia tertentu
  • perubahan hormon
  • peradangan di daerah vagina
  • infeksi jamur
  • infeksi virus herpes genital 
  • aktivitas fisik tertentu (bersepeda, naik kuda)
  • duduk terlalu lama
  • menggunakan pakaian yang terlampau ketat
Mengenai keluhan Anda, mungkin terjadi sebagai akibat dari salah satu faktor atau kondisi medis diatas. Riwayat cedera mungkin saja memeberikan pengaruh jika cedera yang terdahulu dialami cukup berat, akan tetapi jika ringan, mungkin keluhan yang saat ini terjadi disebabkan oleh faktor lain.Umumnya apabila nyeri yang dirasakan cenderung ringan, akan dapat hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari atau minggu. Akan tetapi jika nyeri terasa berat dan disertai gejala lainnya seperti timbulnya keputihan atau bercak darah, Anda perlu memberikatahu orang tua agar dapat segera diperiksakan.Untuk sementara hindari keadaan lembap dengan tidak memakai pakaian yang ketat dan lebih sering mengganti pakaian dalam. Anda dapat juga mengompres dingin bagian yang terasa ngilu atau nyeri. Serat hindari dulu aktivitas yang mengharuskan terlalu banyak duduk.Jika keluhan berkelanjutan Anda dapat diantar orang tua untuk berobat ke dokter terdekat atau secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
nyeriorgan intim wanitakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil