12 Jun 2020, 04:56Kandungan

Muncul flek sampai 1 bulan, apa penyebabnya?

A
Info Penanya: A, Wanita0
Dok, saya wanita umur 28th, sudah menikah tp blm dikaruniai anak. Haid saya tidak teratur, kadang 2bln sekali kadang rutin. Akhir bulan kemarin saya seharusnya haid, tp ternyata tidak. Tiba" sejak 2 hari yang lalu keluar flek. Tp saya tidak merasakan nyeri seperti saat mau haid. Sedangkan saat saya tes peck hasilnya negatif. Awal desember tahun lalu saya operasi karna janin d luar kandungan. Gejala awalnya flek sampai hampir 1 bulan, saya kira haid ternyta saya hamil. Sjk itu saya jadi trauma.
22586 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Flek darah yang terjadi bisa disebabkan karena masalah ketidak seimbangan hormonal, adanya penyebab lain pada saluran reproduksi seperti:
  • Tanda kehamilan
  • Ada kista, miom, polip
  • Bisa karena penggunaan kb
  • Masalah kesehatan lain
  • Bisa karena kondisi psikologis misalnya stres dan lainnya.
Apabila terlambat haid dan rutin melakukan hubungan seksual, bisa coba dulu melakukan pemeriksaan testpack. Apabila perlu bisa juga memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk menilai apa penyebabnya, apakah ada gangguan pada organ reproduksi yang jadi pemicunya.Untuk sementara tidak perlu terlalu khawatir dan tetap jaga gaya hidup yang baik agar kondisi hormonal bisa terjaga dan siklus menstruasi bisa kembali lancar.Hindari stres atau cemas berlebih, lakukan penanganan dan pemeriksaan berkala pada dokter untuk mengetahui ada tidak masalah kesehatan terutama pada saluran reproduksi dan bisa melakukan program hamil nantinya sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
siklus haidkehamilangangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil